LSN Kritisi Keistimewaan DIY

YOGYA (KRjogja.com) – Lembaga Strategi Nasional (LSN) yang beralamatkan di Jalan Anggajaya I No 294 Gejayan Yogyakarta, sebuah organisasi swadaya masyarakat ini mendorong kinerja pemerintahan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY bisa semakin baik, serta mampu menyejahterakan rakyat.

"Apalagi saat ini, DIY sudah berstatus daerah istimewa, mendapatkan dana keistimewaan, sehingga mempunyai kewenangan yang istimewa pula," ujar Direktur Eksekutif LSN Syarief Aryfaid SIP, Senin (1/12/2014).

LSN berdiri dengan akta notaris Muchammad Agus Hanafi SH No 06/22 Februari 2013, sebagai lembaga swasta dengan ide dan pemikiran kritis konstruktif. Syarief Aryfaid mengatakan, meskipun saat ini DIY berstatus daeah istimewa, namun sejumlah persoalan masih banyak melilitnya, mulai dari angka kemiskinan yang masih tinggi, disparitas ekonomi antar satu kabupaten dengan lainnya yang juga tinggi yang berdampak pada kesejahteraan rakyat rendah.

"Bahkan, situasi perpolitikan di DIY tidak jauh berbeda dengan daerah lain, elit politik masih berebut kekuasaan, sehingga pembentukan alat kelengkapan dewan juga tersendat dan berlarut-larut tidak kunjung selesai, imbasnya kepentingan rakyat terabaikan," kata Syarief Aryfaid.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, kata Syarief Aryfaid melalui LSN mengajak semua pihak, termasuk media agar bersama-sama mengkritisi, serta mendorong lembaga pemerintahan, termasuk DPRD DIY agar semakin meningkatkan kinerjanya, sehingga kesejahteraan rakyat dapat digapai bersama. (Asa)

BERITA REKOMENDASI