Lukis Tong Sampah, Seniman Brazil Ajak Peduli Lingkungan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Mengemas pesan kepedulian terhadap lingkungan hidup melalui karya seni, seniman asal Brazil Deusa Blumke ajak masyarakat dan siswa sekolah dasar untuk melukis dengan media tong sampah. Ketertarikan Deusa Blumke untuk menciptakan karya seni memang selalu dilandasi dengan ketertarikannya untuk bertemu dengan sesuatu hal yang baru baik benda hidup atau juga benda mati.

"Setiap hal baru selalu memberikan kenangan, pengalaman, juga pengetahuan baru. Itu bisa saya jadikan ekspresi yang kemudian saya tuangkan pada karya-karya yang saya ciptakan. Sementara untuk workshop seni ini ia ingin mengenalkan juga memberikan ilmu bahwa melukis itu mudah dan menyenangkan," katanya disela-sela kegiatan workshop di Raintree Boutique Villa and Gallery, Kamis (9/11).

Kegiatan workshop dalam rangkaian acara 'Biennale Jogja XIV Equator #4' ini juga digunakan oleh Deusa untuk mengampanyekan gerakan peduli lingkungan. Dengan menggunakan media tong sampah seniman asal Brazil tersebut ingin mengajak masyarakat dan pelajar untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih, nyaman, dan indah. "Tong sampah yang bergambar ini kan menarik, indah dilihat ini juga dalam rangka mengkampanyekan untuk mencintai lingkungan hidup kita dengan membuang sampah pada tempatnya," imbuhnya.

Dalam membuat karya seni, Deusa memang banyak bereksperimen. Namun saat menggelar worksho ia lebih memilih untuk mengajar melukis dengan menggunakan cat akrilik, hal tersebut dilakukan karena cat akrilik mudah digunakan dan memiliki kepadatan warna yang solid. Meski demikian ia juga membebaskan ekspresi masyarakat dan pelajar yang mengikuti workshop untuk melakukan eksperimen dengan bahan-bahan lain. (*-3)

BERITA REKOMENDASI