Lulusan S2 Tak Jamin Kerja, Ini yang Wajib Dimiliki

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Seminar Nasional dan call for papers dengan tema “Master of Science in Psychology: Research, Opportunities, and Employability”, Jumat (9/8/2019) lalu. Seminar tersebut menghadirkan Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang Prof Dr Fattah Hanurawan MSi MEd, dan Pengelola Magister Psikologi UAD Dr Fatwa Tentama SPsi MSi.

Ketua Panitia Dr AM Diponegoro menjelaskan, seminar ini bertujuan untuk memaparkan dan membahas tantangan akademisi psikologi baik mahasiswa magister psikologi maupun dosen. Khususnya permasalahan mengenai riset dan employability (kecakapan kerja) agar mendapatkan solusi terbaik.

"Kemarin juga kami memberikan kesempatan pada mahasiswa, peneliti, praktisi dan akademisi lainnya dalam mempresentasikan karya, hasil penelitian serta gagasannya. Kemudian ini masuk proses mempublikasikannya dalam call for papers seminar nasional ini," ungkapnya ketika berbincang dengan wartawan Senin (12/8/2019).

Dr Fatwa menyebut employability merupakan modal penting untuk mencapai lulusan magister psikologi yang berkualitas. Kesiapan bekerja, atau kesiapan belajar dalam konteks mahasiswa menjadi identifikator untuk jenjang karir kedepan.

“Lulusan kami harapkan dan sangat penting untuk memiliki kemampuan beradaptasi, memiliki kepribadian yang baik dan juga jejaring sosial yang luas. Itu harus dimulai sejak mahasiswa agar bisa menjalani proses perkuliahan dengan baik, menyusun tesis dengan lancar dan mampu segera mempublikasikannya dalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional,” sambung dia.

Sementara, Dr AM Diponegoro menyebut hasil penelitian yang dipresentasikan dalam seminar nasional Jumat lalu akan direview dan rencananya akan diterbitkan dalam proseding online dan jurnal psikologi terapan magister psikologi UAD. Tak berhenti di situ, nantinya bakal digelar agenda seminar internasional sebagai tinfak lanjut seminar nasional tersebut.

"Kegiatan ini juga akan ditindaklanjuti dengan mengadakan Seminar Internasional yang rencanaya akan diadakan enam bulan kedepan," ungkapnya mengimbuhkan. (Fxh)

 

 

UAD

BERITA REKOMENDASI