Macet Diprediksi Hingga Awal Januari

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjelang tahun baru yang berbarengan dengan masa libur sekolah membuat arus lalu lintas ruas jalan di Yogyakarta menjadi padat. Guna mengantisipasi penumpukan kendaraan yang berlebih petugas kepolisian sudah memasangi devider di sejumlah ruas jalan yang rawan dengan kemacetan yang diprediksi masih akan terjadi hingga awal Januari Tahun 2018 nanti.

Adapun beberapa titik kemacetan yang kini  sudah dipasangi divider oleh petugas kepolisian antara lain seperti Jalan Ahmad Dahlan, Jalan AM. Sangaji, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Panembahan Senopati, Jalan Mataram, simpang tiga Gembira Loka, dan Jalan Kusumanegara.

"Pemasangan divider tersebut fungsinya agar tidak ada crossing (penyeberangan) dari pengendara di jalur yang biasanya macet. Pemasangan water barrier agar laju kendaraan tetap melaju dan tidak ada penumpukan kendaraan," kata Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo, Selasa (26/12/2017).

Selain memasang devider, beberapa ruas jalan juga dialihkan untuk mengantisipasi kemacetan. Rambu pengalihan arus diantaranya telah terpasang di simpang Wirobrajan, kendaraan yang akan menuju arah timur di simpang Wirobrajan akan diarahkan untuk tidak melintas di Jalan KH Ahmad Dahlan dan Jalan Senopati. Dwi menambahkan untuk jalur alternatif kendaraan bisa melalui Jalan Kapten Pierre Tendean dan Jalan Sugeng Jeroni yang mengarah e Jalan Lingkar Luar Selatan.

Sementara untuk pemasangan papan petunjuk arah alternatif juga sudah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di sejumlah ruas jalan yang berpotensi mengalami kepadatan selama libur panjang akhir tahun. Pemasangan pembatas jalan ditujukan untuk meminimalkan kendaraan yang memotong jalur atau berputar arah sehingga bisa mengurangi hambatan di jalan tersebut. (*-3)

Bakpia Kukus Tugu Jogja dan KR Gelar Pertunjukkan

 

BERITA REKOMENDASI