Macet Parah, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kemacetan yang mewarnai di sejumlah ruas jalan utama maupun pintu keluar masuk ke DIY pada libur Natal, Senin (25/12/2017) ternyata di luar prediksi. Untuk itu, rekayasa lalu lintas baik dengan pengaturan sistem lampu lalu lintas dan rekayasa manual dengan mengerahkan petugas di lapangan apabila kemacetan sudah sulit diurai.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan di luar prediksi ternyata jumlah kendaraan yang masuk ataupun melintas di DIY ternyata cukup tinggi pada liburan Natal 2017 ini. Sebelumnya telah diprediksi terjadi kenaikan jumlah kendaraan sekitar 4 hingga 6 persen selama liburan Natal hingga pergantian tahun di DIY.

"Saya menerima laporan terjadi lonjakan jumlah kendaran baik kendaraan bermotor roda dua maupun kendaraan bermotor roda empat pribadi di DIY terutama yang melintas, bukan yang memang bertujuan ke DIY. Jumlah kendaraan bermotor pribadi ini baik yang masuk maupun melintas bisa mencapai setidaknya 1,8 juta kendaraan," kata Sigit kepada KRJOGJA.com.

Sigit menjelaskan jumlah tersebut lebih besar daripada wisatawan yang datang ke DIY menggunakan moda transportasi umum baik bus, kereta api dan pesawat terbang yang diprediksi hanya berjumlah 800 ribu. Total jumlah kendaraan bermotor di DIY selama liburan panjang akhir tahun ini bisa mencapai 2,5 juta nantinya.

"Mengingat kapasitas jalan di DIY tidaklah besar, maka upaya yang kita lakukan setidaknya untuk mengurangi kemacetan tersebut dengan rekayasa lalu lintas dengan mengatur waktu lampu lalu lintas atau traffic ligths yang ada," tandasnya.

Penjabat Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY ini mengungkapkan pihaknya tentu bekerjasama dengan pihak Dishub dan kepolisian setempat, khususnya untuk rekayasa lalu lintas secara manual baik pengaliahan arus, penutupan jalan dan sebagainya.
Pihaknya bersama instansi terkait juga telah membuka 12 posko pengamanan lalu lintas yang tersebar di area strategis maupu pintu keluar masuk di DIY selama liburan Natal 2017 hingga Tahun Baru 2018.

"Lampu lalu lintas yang keluar DIY akan diperlama atau sedikit diperpanjang, sedangkan lampu lalu lintas yang masuk menuju DIY akan dipercepat. Kami juga siapkan 17 papan informasi disejumlah lampu lalu lintas yang memberikan petunjuk area-area kemacetan di berbagai simpang ataupun jalur alternatif yang bisa ditempuh," papar Sigit.

Mantan Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (Dislautkan) DIY dan Penjabat Bupati Bantul ini berharap kerjasama seluruh pihak agar parkir di kantong-kantong parkir yang telah disediakan, tidak berhenti ataupun parkir di bahu jalan dan menghindari titik kemacetan dengan jalur alternatif yang telah disediakan agar tidak semakin terjebak kemacetan.

"Kami mohon kerjasama semua pihak, terutama pengendara yang hanya melintas di DIY. Kemacetan ini masih akan mewarnai DIY sampai pergantian tahun sehingga perlu kerjasama semua pihak terutama pengguna jalan," imbuh Sigit. (Ira)  

BERITA REKOMENDASI