Mahasiswa DIY ‘Gerilya’ di 0 Kilometer, Ajak Wisatawan Tak Golput

YOGYA, KRJOGJA.com – Puluhan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di DIY uang tergabung dalam Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Kamis (28/3/2019) sore menggelar aksi di titik 0 kilometer Yogyakarta. Di lokasi tersebut para mahasiswa bergerilya membagikan selebaran sekaligus mengajak wisatawan dan masyarakat umum untuk menggunakan hak pilih 17 April 2019 mendatang.

Agus Setiawan Koordinator Wilayah FL2MI DIY mengungkap agenda yang dilakukan mahasiswa tersebut merupakan langkah aktif menyikapi pemilu 2019. Menurut dia, sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk ikut memastikan kesuksesan pesta demokrasi masyarakat tersebut.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk tidak golput, karena sistem demokrasi kita ya memang harus dilalui dengan pemilu ini. Pilihan masyarakat di tanggal 17 April 2019 nanti begitu penting untuk menentukan masa depan Indonesia. Jangan sampai golput,” ungkapnya di sela acara.

Tak hanya menyebarkan brosur dan mensosialisasikan pemilu pada masyarakat di titik 0, para mahasiswa juga mendeklarasikan pemilu damai serta menolak paham radikalisme yang beberapa waktu terakhir tak bisa dipisahkan dari isu di masyarakat. “Kami turut sampaikan himbauan pada siapa saja agar ikut serta menjaga pemilu nanti berjalan damai. Jangan juga ikut-ikutan politik uang dengan menggadaikan suara kita demi kepentingan sesaat,” sambungnya.

Sementara terkait banyaknya informasi yang beredar karena masifnya teknologi informasi, para mahasiswa juga berharap agar masyarakat semakin teliti dan mencermati setiap informasi yang diterima. “Jangan langsung diterima dan disebarkan begitu saja jika menerima informasi. Kita harus punya budaya klarifikasi, tabayyun dulu baru kemudian bereaksi dengan jempol,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI