Mahasiswa FBS UNY Juara Baca Puisi Tingkat Nasional

Editor: Agus Sigit

BERAWAL dari suka tampil baca puisi sejak menjadi siswa di SMAN 1 Lendah Kulonprogo, Tri Wahyuni (20) yang sekarang mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Yogyakarta semester 5, berhasil menjadi juara Lomba Baca Puisi Amsakar Ahmad dengan peserta dari seluruh Indonesia. Lomba secara online, penyelenggaranya Komunitas Batam Berpuisi.

“Saya membaca puisi karya Amsakar Ahmad yang berjudul Surat-surat Emak,” kata Tri Wahyuni kepada KR, Selasa (3/8). Menurut Tri Wahyuni, Amsakar Ahmad adalah Wakil Walikota Batam. Lomba dalam rangka Hari Puisi Indonesia 2021 yang kebetulan berdekatan dengan ulang tahun Amsakar Ahmad.

Tri Wahyuni menambahkan ada tiga kategori dalam lomba tersebut. Kategori penyair, kategori anak-anak dan kategori umum. Meskipun geguritan (puisi berbahasa Jawa) karya Tri Wahyuni masuk antologi Dinas Kebudayaan DIY 2021, namun dalam lomba baca puisi tersebut, Tri Wahyuni masuk kategori umum, dan keluar sebagai juara III.

Peserta membuat video baca puisi, semua membacakan karya Amsakar Ahmad dan judulnya sama, kemudian mengunggahnya di media sosial. Peserta boleh menyebarkan sebanyak banyaknya. Penilaian disamping berdasar pengamatan juri, juga berdasar jumlah perolehan like di media sosial facebook.

Tri Wahyuni sudah biasa tampil membaca puisi dalam acara sastra seperti bedah buku, talkshow di radio dan acara lainnya baik online maupun offline. Penampilan offline yang paling mengesankan menurutnya, adalah saat acara Hari Purbakala di Museum Sonobudoyo, dan Selasa Wagen di Malioboro. Itu ketika belum pandemi covid-19. Setelah pandemi melanda kegiatan dilakukan secara virtual.

Prestasi Tri Wahyuni lainnya adalah, menjadi Duta Pemuda Kulonprogo 2020. Tugasnya adalah mengedukasi masyarakat untuk tertib protokol kesehatan. Memberi semangat kepada anak muda, memotivasi, menginspirasi,dan menjadi contoh. Masing-masing duta bergerak, berkarya dan menginspirasi. Sebagai Duta Pemuda, Tri Wahyuni pernah mengisi seminar pelajar Kulonprogo, dan selalu datang dalam setiap acara sastra, serta tetap berkarya mencipta. (War)

 

BERITA REKOMENDASI