Mahasiswa Gelar Aksi Peringati Hari Tani Nasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Puluhan mahasiswa Fakultas Pertanian dari berbagai universitas di DIY dan Jawa Tengah menggelar aksi damai di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Sabtu (24/09/2016). Mereka menyoroti nasib petani di wilayah DIY Jawa Tengah yang dinilai masih tak juga sejahtera meskipun Hari Tani Nasional telah mengingak peringatan ke-56.

Rizky Akbar Purba, koordinator aksi mengatakan aksi tersebut merupakan langkah nyata mahasiswa dalam menyikapi kekhawatiran petani yang lahannya semakin menyusut dari tahun ke tahun. Padahal, sedianya para petani yang dianggap sebagai tonggak kesejahteraan bangsa Indonesia.

"Kami menyampaikan keresahan para petani yang lahannya semakin hilang berubah bentuk jadi bangunan dan proyek lainnya. Pemerintah sepertinya lupa bahwa kesejahteraan bangsa ini asalnya dari petani karena bila bicara pangan, petanilah aktor utamanya," ungkapnya.

Di kawasan Kulonprogo, mahasiswa juga berharap pemerintah tetap berpedoman pada kebijakan untuk mengganti lahan produktif terlebih di Temon yang sebentar lagi berubah menjadi bandara baru. Mahasiswa pun meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah nyata agar kaum petani di Indonesia bisa lebih sejahtera dibandingkan dengan yang dialami saat ini.

"Sudah 56 tahun Hari Tani Nasional, masa hanya begini-begini saja nasib petani. Kami minta pemerintah lebih memperhatikan nasib petani di bawah," pungkasnya.

Dalam aksi ini mahasiswa juga menggelar aksi teatrikal. Mereka juga membagikan pangan lokal seperti jagung dan ubi ungu untuk masyarakat yang melintas di kawasan tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI