Mahasiswa Harus Berpikir Lentur

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Motivasi, kreativitas dan kelenturan berpikir menjadi kunci keberhasilan mahasiswa meraih prestasi. Motivasi menjadi energi yang mampu menggerakkan diri untuk meraih mimpi. Kreativitas itu ada karena keberanian untuk berubah.

Demikian diungkapkan Unggul HN Utomo MSi, dosen Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam Pelatihan Strategi Menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIK) bagi Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Didanai Kemenristek Dikti Tahun 2019 di Auditorium kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Semaki, Senin (08/07/2019).

Kegiatan tersebut diberi pengantar Danang Sukantar MPd (Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa UAD) dan dibuka Dr Abdul.Fadlil MT (Wakil Rektor III UAD). Hadir pula sebagai pembicara Dr Widodo Hariyono MKes, Dr Muchlas MT, Ana Hidayati MSc. Pemateri berbicara soal motivasi berprestasi, berpikir logis, presentasi yang bagus, mengesankan dan komunikatif.  

Menurut Unggul HN Utomo, motivasi, kreativitas dan berpikir lentur selayaknya dimiliki mahasiswa di tengah situasi cepat berubah. "Berpikir lentur alias elastis sangat dibutuhkan dan dimiliki mahasiswa. Asal saja, tetap memegang etika dan norma sosial, norma agama," ucapnya.

Sedangkan Dr Abdul Fadlil MT dalam pembukaan mengingatkan, dalam 'bertarung' pekan ilmiah mahasiswa tidak perlu gentar. "Maju mengikuti pekan ilmiah mahasiswa tidak perlu gentar, tidak usah minder dengan mahasiswa dari perguruan tinggi terkenal," ujarnya. Apalagi UAD juga secara institusi sudah terakreditasi A. Dalam PIK tahun-tahun sebelumnya, UAD sudah berulangkali mendapatkan emas dan juara terfavorit.

Sedangkan Danang Sukantar MPd menyampaikan, kegiatan bertujuan untuk membekali mahasiswa agar siap segalanya di forum PIM dan PKM yang berlangsung Agustus mendatang. "Mahasiswa yang mengikuti Pelatihan sebanyak 33 orang terpilih dalam Monitoring dan Evaluasi/Monev lolos PIM-PKM Nasional. Program itu yang mendaftar  4.000 masiswa, kemudian diseleksi tinggal 1.000 mahasiswa," ujarnya.

Sebanyak 33 mahasiswa dari UAD ini setiap mahasiswa mendapat hibah Kemenristek Dikti Rp 5 juta – Rp 9 juta. Total, untuk UAD program hibah PIK-PKM Nasional ini senilai Rp 235.750.000. Ditambahkan Danang Sukantar, dalam PIK-PKM Nasional ini ada 5 bidang/kategori, penelitian, cipta-karsa, penerapan Iptek, kewirausahaan dan pengabdian kepada masyatakat. Dari UAD akan dibagi menjadi 15 tim, setiap tim beranggotakan 3-5 mahasiswa. (Jay)

BERITA REKOMENDASI