Mahasiswa Polbangtan YoMa Ikuti Penyuluhan P-IRT

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJogja.com – Dalam rangka menciptakan pengusaha muda bidang pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang mengadakan acara Penyuluhan Keamanan Pangan Perizinan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Penyuluhan diikuti mahasiswa semester 5 dan sebagian semester 3 pada 30 November – 1 Desember 2018 di gedung serbaguna Kampud Jl Kusumanegara  Yogyakarta.

Kegiatan ini juga dihadiri Direktur Polbangtan Yo Ma Dr. Rajiman, SP., dan R. Hermawan, SP, MP, Koordinator Kemahasiswaan dosen pembimbing Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP).

Pembicara dalam kesempatan ini hadir dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang diwakili oleh  Drg. Emma Rahmi Ariyani, MM selaku Kabid regulasi dan sumber daya kebersihan dan Agus Widyawati S.Km. Pembicara kedua dari BPOM yang diwakili oleh Opsa Lena, STP dan dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

"Kami harapkan  mahasiswa dapat menyerap ilmu dan menerapkan ilmu yang disampaikan pemateri," kata Dr. Rajiman, SP, MP dalam sambutannya.

Produk PWMP dan Kewirausahaan mahasiswa, bisa diuruskan oleh lembaga, karena perizinan makanan adalah hal yang sangat penting bagi produk mahasiswa sekalian.

Output dari kegiatan penyuluhan ini adalah, sertifikat penyuluhan pangan bagi seluruh peserta penyuluhan. Sertifikat ini, dapat digunakan untuk mengurus perizinan makanan yang bersifat nasional dan seumur hidup.
Rajiman menambahkan, semua produk Polbangtan harus memiliki nomor P-IRT. Kedepan akan ditingkatkan lagi melalui Balai POM untuk produk tertentu. Sedang Opsa Lena juga mengkritisi label produk PWMP dan kewirausahaan dari mahasiswa.

Salah satu peserta penyuluhan, Adilatus menyampaikan kegiatan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang  memiliki produk  PWMP dan kewirausahaan yang belum memiliki izin PIRT,  setelah ikut penyuluhan bisa paham cara masukkan barang  ke supermarket. (*)

BERITA REKOMENDASI