Mahasiswa Tanam Ganja di Halaman Kost

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY mengamankan mahasiswa berinisial YES (22) di kostnya kawasan Maguwoharjo Sleman. YES diketahui menyimpan dan mengedarkan ganja dan juga sengaja menebar biji ganja di pekarangan.

Kepala BNNP DIY, Brigjen Nanang Hadiyanto mengatakan, YES ditangkap pada 1 Maret lalu di kost kawasan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sleman. Penangkapan tersebut menurut Nanang merupakan upaya menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait adanya peredaran ganja di kawasan tersebut.

“Kami juga berhasil menyita barang bukti ganja seberat 105 gram. Dari pengakuan dia (YES) beli itu (ganja) melalui jasa pengiriman ekspedisi dari Medan dan dia sudah 3 kali beli,” ungkapnya, Selasa (16/03/2021).

Meski demikian BNNP DIY belum bisa memastikan apakah YES merupakan pemakai atau pengedar. Nanang menyebut, timnya mendapati adanya biji-biji ganja yang disebar di pekarangan kostnya.

“Kami juga dapati dia ini menyebar biji ganja di halaman, karena kost dia ini memang tidak terpantau. Kemungkinan dia mengedarkannya masih sebatas dari teman ke teman saja. Tapi untungnya belum tumbuh itu (biji ganja), kalau dari keterangan memang sengaja dibuang biar tumbuh katanya. Apalagi dia pemakai dan mau cari untung kalau bijinya tumbuh dan dijual lagi,” sambung dia.

YES kini diamankan BNNP DIY dan disangkakan pasal 114 ayat 1 dan atau pasal 111 ayat 1 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman lima hingga dua belas tahun pun menanti mahasiswa tingkat akhir tersebut.

Sementara, YES dihadapan wartawan mengaku sudah tiga kali memesan ganja dari Medan untuk dikonsumsi. Terkait biji ganja yang dia sebar di pekarangan ia mengaku hal tersebut dilakukan karena iseng semata.

“Saya mahasiswa semester akhir dan baru 3 kali beli pakai online, beli sepaket Rp 950 ribu, jadi ganjanya Rp 900 ribu dan ongkirnya Rp 50 ribu. Kalau masalah yang menyebar biji itu iseng saja sebenarnya, siapa tahu bisa tumbuh, gitu,” ungkap YES. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI