‘Mahasiswa TMMD’ Mengisi Libur dengan Membersihkan Sampah Gajahwong

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari Minggu bukan berarti libur beraktivitas. Masih banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi libur ini. Hal itulah yang dilakukan para mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta, mereka terjun ke Sungai Gajahwong untuk membersihkan sampah-sampah kali ini.

Sembari para prajurit melakukan pembangunan talud bersama warga, puluhan mahasiswa tanpa ragu memungut sampah plastik maupun ranying-ranting kayu yang tersangkut di bantaran Gajahwong yang berada di wilayah Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo. Keberadaan mahasiswa ini sangat membantu para prajurit dan warga yang sudah sejak lebih dari 10 hari membangun talud tersebut.

"Hari Minggu retap di sini, saat kampus tak ada perkuliahan maka kami manfaatkan untuk tetap membantu prajurit dalam TMMD ini. Apa yang bisa kami lakukan, maka akan kami lakukan untuk berkontribusi untuk bangsa," kata Eri Wibowo salah seorang mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta di lokasi TMMD Reguler, Minggu (08/04/2018).

Dikatakannya TMMD yang dilakukan oleh Kodim 0734 Yogyakarta juga menjadi wahana praktik keahlian untuk berkreativitas. Selain itu dari kegiatan ini bisa dijadikan anang aktualisasi diri serta membangun karakter peduli dengan persoalan masyarakat.

Kepala Kelurahan Pandean, Sulasmi sangat mendukung apa yang dilakukan para mahasiswa ini. Diungkapkan Sulasmi, selama ini jajaran kelurahan serta warga telah berkomitmen untuk menjaga kebersihan Kali Gajahwong.

"Kami selalu mengajak warga untuk berpartisipasi Sengan harapan warga akan menjadi lebih sadar akan kebersihan lingkungan, terutama sungai yang berada di kampungnya," jelasnya.

Dikatakannya, dengan itu maka sungai yang ada dapat terjaga kebersihan lingkungan dan habitatnya. Jika sungai dan lingkungannya bersih maka akan membawa manfaat bagi warga di sekitarnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI