Mahasiswa Turun Jalan Peringati Hari Tani Nasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Liga Forum Study Yogyakarta (LFSY) menggelar aksi unjukrasa di halaman DPRD DIY, Kamis (23/09/2016). Aksi tersebut merupakan ungkapan bentuk keprihatinan mahasiswa akan nasib kaum tani bertepatan juga dengan Hari Tani Nasional.

Dalam aksi tersebut mahasiswa menyoroti permasalahan yang dialami petani khususnya di Yogyakarta. Mereka beranggapan nasib petani tak kunjung jelas apalagi lahan-lahan produktif dialihfungsikan menjadi bentuk-bentuk lain.

"Kesejahteraan adalah hak kita semua termasuk para petani yang nasibnya tak kunjung jelas saat ini. Lahan-lahan produktif mereka dihilangkan, diganti dengan bentuk lain, sangat memprihatinkan menurut kami," terang Romi humas aksi.

Dalam aksi damai di halaman DPRD DIY tersebut, mahasiswa harus pergi dengan kekecewaan lantaran tak ada satupun anggota dewan yang menemui untuk mendengarkan aspirasi mereka. "Sebanyak ini anggota dewan tidak ada yang menemui kami, mereka bilang sedang kunjungan kerja, katanya mereka menyerap aspirasi, mana," imbuhnya.

Lepas orasi di halaman DPRD DIY mereka melanjutkan aksi longmarch ke kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Anggota kepolisian dari Polresta Yogyakarta pun mengawal aksi para mahasiswa tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI