Mahasiswa UAD Ikut ‘World Universities Debating Championship’ di Thailand

Editor: Agus Sigit

BANGKOK, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengirimkan 3 delegasi ke World Universities Debating Championship (WUDC) atau Kompetisi Debat Bahasa Inggris tingkat dunia di Bangkok Thailand sejak 17 Desember 2019 hingga 4 Januari 2020.

Ketiga delegasi itu, Ika Suciwati (Pendidikan Bahasa Inggris), Annisa Rizki Nola Nursagi (Sastra Inggris) dan Rifki Wuda Sudirman (Sastra Inggris). "Kedua orang, Annisa dan Ika sebagai tim debat, 1 orang yakni Rifki sebagai adjudicator atau dewan juri," ujar Ika Suciwati mengabarkan dari Bangkok, Kamis (2/1/2020).

Disebutkan Ika Suciwati, setelah melewati 9 babak penyisihan atau prelimibary rounds, meski tidak lolos untuk babak semifinal, Tim Debating UAD meraih total 9 poin kemenangan, merupakan poin yang cukup tinggi dengan penuh kerja keras yang maksimal.

Sedangkan Rifki, berhasil menjadi dewan juri ahli atau disebut panelist selama 9 rounds penuh tanpa pernah diturunkan ke level terbawah yakni trainee. Tim Debating didampingi Nur Rufa'i Akhsan MEd,  dosen UAD sebagai observer dari Kemenristek Dikti.

Ditambahkan Ika Suciwati, ada 20 tim debating dari Indonesia yang mengikuti ajang WUDC tahun ini. "Selama 5 hari ini memang tidak dianjurkan untuk menggunakan atribut universitas dalam bentuk apapun untuk menghindari keberpihakan ke institusi tertentu," ujarnya.

Sedangkan Danang Sukantar MPd, Kabid Pengembangan Mahasiswa Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD yang mengirimkan delegasi tersebut berkomentar, Debater UAD ini memang membanggakan. "Tim ini, membanggakan, selalu bersemangat dan fokus setiap moment baik di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya. (Jay)

UAD

BERITA TERKAIT