Mahasiswi Polbangtan YoMa Raih Anugerah Inovasi Kota Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Nur Fatimah, Mahasiswi Polbangtan Yogyakarta Magelang (YoMa) meraih Anugerah Inovasi dan Penelitian Tahun 2018 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta.

Karyanya berjudul 'Nutrichips minuman cepat saji kaya protein dan tinggi nutrisi berbahan baku pangan lokal umbi ganyong (Canna edulis Ker) dan biji kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) sebagai solusi sarapan instan' menyingkirkan ratusan karya lainnya setelah melalui seleksi ketat.

"Seleksi tahap pertama dilakukan April-November 2017 dan tahap kedua presentasi pada Jumat (21/12/2018). Pengumuman pemenang dilakukan pada Kamis (27/12/2018) da sangat senang bisa mendapatkan penghargaan ini," kata Nur Fatimah.

Dia mengaku tidak menyangka mendapatkan penghargaan dan mengikuti lomba karena hobi menulisnya. Ditambah rasa keingintahuan sehingga mendapatkan ide untuk mengirimkan karya terbaiknya.

"Dengan produk inovasi Nutrichips ini diharapkan mampu meningkatkan kesehatan masyarakat karena tingginya nutrisi yang terdapat pada produk ini. Selain itu, meningkatkan nilai ekonomis umbi ganyong dan biji kecipir sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat tani," harap mahasiswi tingkat empat ini.

Seleksi Anugerah Inovasi dan Anugerah Penelitian Tahun 2018 bertujuan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam mengambil peran untuk berinovasi melalui penerapan dan pengembangan iptek serta penelitian. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat umum, mahasiswa dan siswa di Kota Yogyakarta. (*)

 

BERITA REKOMENDASI