Mahasiswinya Viral Pasang Kateter ke Cowok Ganteng, Unisa Angkat Bicara

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta angkat bicara atas kejadian viral yang terjadi di linimasa sosial media beberapa waktu terakhir. Pasalnya, seorang mahasiswi keperawatan yang diketahui tengah praktik di RSUD Wonosari membuat unggahan TikTok tentang reaksi setelah memasang kateter pada pasien laki-laki ganteng yang juga seumuran.

Pihak RSUD Wonosari melalui unggahan di Instagram, Rabu (1/6/2022) sudah meminta maaf atas unggahan viral tersebut. Pihak rumah sakit menyatakan bahwa perawat bersangkutan bukan pegawainya namun mahasiswi salah satu universitas yang tengah menjalani praktik.

Tak berselang lama, pihak Unisa melalui Kepala BHP, Sinta Maharani membenarkan mahasiswi tersebut adalah salah satu dari keluarga Unisa. Pihak Prodi menurut Sinta telah melakukan beberapa langkah seperti memberikan peringatan dan teguran keras pada mahasiswi bersangkutan.

“Kami sudah menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktik kliniknya. Kami memohon maaf ke rumah sakit tempat praktik klinik secara non formal, dan besok akan segera dilakukan pertemuan dengan direktur dan kadiklat rumah sakit tersebut,” terangnya melalui pernyataan tertulis.

Pihak Unisa menegaskan bahwa sebelum terjun praktik di klinik, mahasiswa-mahasiswi Unisa sudah melakukan janji praNers dan telah diberikan pembekalan dengan pembekalan PANUM yakni pembekalan etik, termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, keselamatan pasien dan sudah melakukan uji praklinik. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI