Main Ketoprak, Rektor UGM Jadi Ande-Ande Lumut

SLEMAN, KRJOGJA.com –  Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono berperan menjadi Ande-Ande Lumut dalam ketoprak yang memuncaki acara Week of Art, Architecture + Urbanism 2019, Sabtu (14/12/2019). Dalam ketoprak dimana Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki ikut bermain, disinggung juga soal penyelundupan Harley dan sepeda Brompton.

Ketoprak yang berlangsung di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM tersebut membawakan lakon Ande-Ande Lumut. Pemainnya merupakan anggota Kagama Ketoprak bersama segenap alumni UGM. Sebagai sutradara Agus Marsudi.

Ketua Panitia Week of Art, Architecture + Urbanism 2019,  Bernard Sihombing menyebut bahwa acara kali ini terbilang sangat sukses. “Saya berharap acara ini akan menjadi acara tahunan dan berlangsung lagi tahun depan,”tutur Bernard.

Sementara Agus Masduki, sutradara Kethoprak menuturkan cerita kethoprak kali ini dibawakan dengan santai supaya dapat dinikmati juga oleh generasi muda. “Di sisi lain saya juga mengangkat isu-isu kebangsaan supaya jalan cerita tidak monoton, kan ini ditonton oleh orang-orang berpendidikan,” tuturnya.

“Latihan Kethoprak seperti ini tidak mudah ditambah lagi ada adegan perang-perangan,” ujar Agus Masduki, sutradara Kethoprak.

Agus juga berterima kasih kepada Rektor UGM, Panut Mulyono yang telah memerankan dan menghidupkan tokoh Ande-Ande Lumut.

“Beliau ini saya kira malah berbakat kalau disuruh bermain kethoprak daripada menjadi rektor”, pungkas Agus Masduki.

Pantauan KRJogja.com, memang cerita yang dibawakan menjadi lebih menarik. Agus Masduki berhasil mengemas cerita dengan menyematkan sentilan-sentilan ringan soal masalah yang menjerat Garuda seperti penyelundupan Harley, dan sepeda Brompton. Sontak saja penonton menjadi antusias dan tidak segan melontar tawa.

Di samping itu juga dimeriahkan oleh pelawak sekaligus aktor teater senior, Den Baguse Ngarso yang membuat ketoprak tersebut penuh canda. (Fatony Royhan Darmawan/KRAcademy)

BERITA REKOMENDASI