Maju DPD RI, Sidarto Kawal Keistimewaan DIY

YOGYA (KRjogja.com) – Persaingan perebutan kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari DIY dipastikan semakin kuat. Selain seluruh incumbent yang kembali maju, kemarin (19/04/2013), mantan ajudan Presiden RI Soekarno, Drs Sidarto Danusubroto ikut mendaftar ke KPU DIY.

Saat menyerahkan berkas pendaftaran, Sidarto diiringi karnaval budaya dari depan kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) di Jalan Ipda Tut Harsono menuju kantor KPU DIY. Berbagai elemen masyarakat seperti tukang becak, seniman, nelayan, penjual jamu bahkan mantan Bupati Bantul Drs HM Idham Samawi juga turut mendampingi.

Sidarto yang mengawal Bung Karno sejak 22 Februari 1967 hingga 23 Maret 1968 ini bertekad untuk mengawal Yogyakarta sebagai kota republik. "Dulu saat ibukota pindah kesini (Yogya), Kraton Yogyakarta memberikan sumbangsih yang sangat besar. Jangan sampai sejarah ini dilupakan oleh Bangsa Indonesia," ungkap warga Pujokusuman Yogyakarta ini.

Saat ini dirinya juga duduk di Komisi I DPR RI. Pengalaman selama 3 periode di lembaga legislatif juga menjadi bekal jika kelak terpilih menjadi anggota DPD RI perionde 2014-2019. Apalagi saat ini DPD juga memiliki fungsi legislasi, sehingga perannya bagi penyusunan undang-undang menjadi sangat penting.

Dengan dukungan dari basis massa yang cukup solid, Sidarto mengaku siap bertarung dengan para incumbent. Akan tetapi, ia juga sangat menghormati seluruh incumbent yang sudah berjuang cukup keras dalam memperjuangkan Keistimewaan DIY.

Tim Sukses Sidarto, Eko Suwanto menambahkan, berkas dukungan yang diserahkan ke KPU DIY mencapai 2.758 orang dari 5 kabupaten/kota. Diakuinya, kader PDIP yang maju ke DPD dari DIY baru kali ini dilakukan. Sehingga dirinya juga optimis bakal menembus 4 besar pada Pemilu 2014 mendatang.

Sementara Anggota KPU DIY, Miftachul Alfin menjelaskan, Sidarto merupakan pendaftar kelima untuk calon DPD DIY. Calon lain yang sudah mendaftar ialah GKR Hemas, Hafidh Asrom, Cholid Mahmud dan Muhamad Hirsam.

Selain itu, tokoh masyarakat di DIY yang juga mencari informasi untuk mendaftar sebagai calon DPD RI. Antara lain M Afnan Hadikusumo, Taufiqurahman, Abdul Muhaimin, Fairuz Ahmad serta istri Roy Suryo, Ismarindayani Priyanti. "Tidak ada batasan bagi calon DPD RI. Pada Pemilu 2004 lalu ada 34 calon, kemudian Pemilu 2009 turun menjadi 12 calon. Pendaftaran masih kami layani hingga 22 April 2013 pukul 16.00 WIB," terangnya. (R-9)

BERITA REKOMENDASI