Makanan yang Harus Dihindari Selama Puasa

Editor: Ivan Aditya

INGIN makan banyak dan enak memang selalu dirasakan saat bulan puasa. Namun jangan salah, ternyata tak semua makanan baik dokonsumsi saat tubuh seharian tidak mendapat asupan nutrisi.

Agar tubuh tetap sehat maka perlu memperbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti halnya buah dan sayur. Selain itu kita juga sangat disarankan untuk minum air putih cukup saat sahur maupun berbuka puasa setiap harinya. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari selama berpuasa.

Makanan Pedas dan Asam

Makanan jenis ini kurang baik bagi pencernaan, apabila selama puasa. Alasannya lambung yang hampir selama lebih 12 kosong akan ‘terkejut’ ketika menerima makanan pedan maupun asam. Jika terlalu sering mengkunsumsi kandungan makanan jenis ini maka dikhawatirkan asam lambung akan naik dan berakibat maag.

Makanan Asin

Makanan asin bisa membuat tubuh cepat di siang hari. Makanan asin juga cenderung memicu seseorang ingin makan banyak. Perlu diketahui juga, makan porsi banyak selama puasa bisa membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan membuat sistem pencernaan terganggu.

Makanan Terlalu Manis

Makanan manis memang diperlukan dalam kehidupan manusia karena glukosa merupakan bagian dari sumber energi. Kebanyakan orang akan memperbanyak konsumsi manis saat berbuka puasa dengan alasan untuk menggantikan energi yang hilang.

Namun makanan yang terlalu manis dan selalu dikonsumsi ternyata bisa meningkatkan risiko diabetes. Maka jika meman hendak mengkonsumsi manis hendaknya tidak terlalu berlebihan.

Minum Kopi

Mengkonsumsi kopi akan membuat perut malah terasa kosong dan kembung, apalagi kopi hitam karena mengandung kafein cukup tingi. Jika memang penggemar kopi ada baiknya selama puasa ini konsumsinya dikendalikan dan mengimbangi dengan minum air putih. (Van)

BERITA REKOMENDASI