Makin Berdaya, Ibu-Ibu PKK RW 11 Klitren Dilatih Membuat Batik Jumputan

YOGYA, KRJOGJA.com – Ibu-ibu PKK RW 11 Kelurahan Klitren dilatih membuat batik jumputan dan sibori bertempat di rumah salah satu warga di Kepuh GK 3 No.884 Klitren Yogyakarta, Minggu (3/3/2019). Pelatihan diinisiasi Ketua RW 11, Zaidir ST MCs diikuti 20 peserta perwakilan dari masing-masing RT.

Zaidir mengatakan, pelatihan bertujuan untuk memberdayakan perekonomian warga. Rencananya pelatihan akan diadakan rutin sebulan sekali. Peserta pelatihan juga diminta untuk menularkan ilmu yang didapat ke warga lain. "Harapannya ini menjadi sumber ekonomi kreatif warga RW 11 Klitren dan bisa terus berkelanjutan," terang Zaidir kepada KRJOGJA.com disela pelatihan.

Dipilih batik jumputan dan sibori, menurut Zaidir, karena cukup digemari masyarakat dan sudah memiligi segmen pasar tersendiri. Selain itu, membuat batik jumputan dan sibori lebih mudah jika dibanding batik tulis. "Kita juga terus lakukan inovasi produk sehingga nantinya muncul batik jumputan dan sibori yang khas unggulan dari warga RW 11 Klitren," ujarnya.

Terkait pemasaran produk, pihaknya sudah menyiapkan sistem pemasaran memanfaatkan teknologi informasi. Menurut Zidir, di era digital, pemasaran diarahkan ke online meskipun juga melayani penjualan offline (toko). "Penjualan online sedang tren karena bisa menjangkau semua daerah di Indonesia bahkan dunia. Kita manfaatkan itu dengan membuat akun di instagram, facebook juga membuat web," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelatihan ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta yang menginginkan setiap kampung punya produk ekonomi kreatif unggulan. Nantinya kegiatan ekonomi kreatif ini akan dikomunikasikan dengan pemerintah melalui dinas terkait, agar semakin berkembang. "Kita juga perlahan-lahan membangun pola pikir warga agar lebih produktif dan kreatif," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI