Makna Hantaran Bagi Calon Pengantin

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Acara seserahan dimaknai sebagai seremoni penyerahan kotak bingkisan dari calon pengantin pria pada calon pengantin wanita yang segera melangsungkan pernikahan. Meskipun penyebutan pada setiap daerah berbeda-beda, akan tetapi seserahan tidak luput mengiringi acara sebelum hari pernikahan hampir di setiap daerah.

Seserahan dapat diartikan sebagai simbol bahwa calon pengantin pria telah mampu memberikan nafkah lahir dan batin kepada calon pengantin wanita. Selain itu, seserahan merupakan pemberian yang diserahkan dari pihak pengantin laki laki kepada mempelai perempuan.

Pemberian disesuaikan dengan kesanggupan pihak laki-laki dan disepakati oleh pihak perempuan. Tapi calon mempelai perempuan juga bisa mengajukan permintaan yang ia butuhkan dan disanggupi oleh pasanganya.

Menurut Amilatul Fadhilah pemilik jasa pembuatan seserahan mengatakan, hantaran yang diberikan kepada mempelai wanita harus dengan jumlah ganjil, aturan ganjil erat kaitannya dengan kebiasaan adat yang sudah dilakukan turun-temurun.

"Makna bagi calon laki laki adalah tanda sayang kepada calonnya yang akan jadi istri ibu dari anak anaknya biasanya calon laki laki akan memberikan yang terbaik," tutur Amilatul kepada KRJOGJA.com, Kamis (04/04/2019).

Ami juga menambahkan, pembuatan seserahan ada baiknya dibuat sebagus mungkin karena itu akan dilihat oleh pihak keluarga pengantin perempuan dan itu adalah harga diri dari bagi laki laki. "Isinya seperangkat alat shalat mukena, sajadah Al Quran tasbih, kalau yang non muslim Alkitab dan benda suci sesuai agamanya masing -masing," tambahnya.

Isi seserah juga meliputi pakaian atas kepala sampai ujung kaki seperti baju, daleman, tas, perhiasan, cicin kawin, alat mandi alat make up dan sebagainya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI