Malioboro Lengang, Wisatawan Berfoto di Tengah Jalan

YOGYA, KRJOGJA.com – Jalan Malioboro selama ini diketahui jadi pusat kota yang hampir selalu ramai kendaraan bermotor di setiap waktu karena menjadi salah satu tujuan wisatawan di Yogyakarta. Pemandangan berbeda terlihat Selasa Wage (18/6/2019) saat diterapkan ujicoba bebas kendaraan bermotor mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. 

Momen bersejarah bagi Malioboro tersebut ternyata mendapatkan banyak apresiasi dari wisatawan yang datang. Tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan momentum tersebut untuk mengabadikan foto di tengah jalan yang sedang sepi kendaraan bermotor. 

Salah satu yang ditemui KRjogja.com, Bilqis Nahda Kirana, wisatawan asal Bandung Jawa Barat yang mengaku sempat kaget melihat Malioboro bebas kendaraan bermotor. “Lebih enak buat jalan-jalan, tadi juga foto-foto di jalan mumpung sepi kan punya kenangan beda,” ungkapnya. 

BACA JUGA :

Ujicoba Larangan Kendaraan Bermotor, Malioboro Harus Lebih Humanis

Heroe Purwadi Pantau Ujioba Semi Pedestrian Malioboro

Penataan Malioboro Tetap Akomodir PKL

Bilqis hanya salah satu diantara banyak wisatawan yang memanfaatkan momen hari ini. Di pedestrian sisi timur dan barat pun, Malioboro tampak lebih luas lantaran Selasa Wage bertepatan dengan liburnya para pedagang kaki lima di lokasi tersebut. 

Iptu Marija Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Yogyakarta menambahkan ujicoba di kawasan Malioboro merupakan upaya jangka panjang Pemda DIY mewujudkan wisata Malioboro ramah pejalan kaki. Hingga pukul 21.00 WIB nanti, kendaraan kecuali Trans Jogja, Ambulance, Pemadam Kebakaran dan truk pengangkut sampah tidak boleh melintas Jalan Malioboro dari Jalan Abu Bakar Ali di sisi utara. 

“Ujicoba ini sampai pukul 21.00 WIB malam nanti. Masyarakat yang hendak menuju Malioboro harapannya bisa memperhatikan adanya rekayasa lalu-lintas yakni dari Abu Bakar Ali melalui Pasar Kembang dan diperbolehkan ke kiri Jalan Bhayangkara untuk masuk ke kawasan Malioboro melalui Jalan Sosrowijayan namun harus keluar lagi ke barat melalui Jalan Dagen,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI