Malioboro Night Festival Sajikan Seni Tradisi dan Modern

YOGYA (KRjogja.com) – Malioboro Night Festival, resmi dibuka Jumat (27/8/2016). Acara yang berlangsung hingga hari ini, malam nanti menghadirkan sejumlah artis nasional seperti Katon Bagaskara dan Angel Percussion.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Imam Pratanandi, Malioboro Night Festival merupakan event tambahan menyusul Jogja Internasional Street dan Malioboro Festival yang terpusat di Jalan Malioboro di tahun sebelumnya. Tujuan utama adalah untuk mendongkrak jumlah wisatawan  yang datang ke Yogyakarta.

"Malioboro merupakan satu destinasi wisata ternama di Yogyakarta. Kawasan ini menjadi pilihan favorit wisatawan dari mana saja. Dengan kegiatan ini diharapkan, Malioboro semakin menarik," jelasnya tadi malam.

Acara di sepanjang Jalan Malioboro ini dihiasi lampion warna-warni berbentuk tabung berukuran besar. Tak cuma itu, sedikitnya ada 4 panggung yang digunakan untuk seni pertunjukan, diantaranya tari modern, dansa, tari kreasi serta musik.

Bagi pengunjung sendiri, event Malioboro Night Festival telah memberikan nuansa baru. Panggung yang tersebar hingga Titik Nol dengan aneka sajian seni pertunjukan, sangat menarik dan unik. Masyarakat bisa memilih  melihat seni pertunjukan yang disukai. "Dengan sejumlah panggung yang disediakan, maka tak terjadi penumpukan massa, sehingga kami merasa aman dan nyaman. Pelaksanaan tahun mendatang barangkali bisa lebih dilengkapi dengan seni rupa, dan teater humor," ujar Dewi, wisatawan asal Bogor, Jawa Barat.

Malioboro Night Festival tak cuma dinikmati wisatawan tetapi juga oleh para pengisi acara atau penampil. Anter Asmoro Tejo, salah satu pemimpin sanggar tari Anterdans mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah positif bagi seniman. Para seniman pertunjukan bisa 'melampiaskan' suasana hati melalui karyanya. "Kami menampilkan sebuah tari kreasi yang berjudul 'Dewi Atlantik'. Tari ini menggambarkan sosok Kanjeng Ratu Gilang Kencana dari Laut Selatan. Gerakan-gerakan cukup atraktif agar penonton terhibur," terang Anter. (R-1)

 

BERITA REKOMENDASI