Malioboro – Stasiun Tugu Kawasan Wajib Masker dan Vaksin

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, bersama Kapolresta Yogyakarta,Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro dan Eksekutive Vice Presiden PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Asdo Artiviyanto, meresmikan pencanangan Stasiun Yogyakarta dan kawasan Malioboro sebagai kawasan wajib masker dan vaksin, Rabu (11/08/2021). Pencanangan sebagai upaya menciptakan kekebalan komunal di wilayah Kota Yogyakarta.

Haryadi mengatakan Pemerintah Kota Yogyakarta bersama dengan KAI dan Polresta Yogyakarta mencanangkan Stasiun Tugu sebagai kawasan wajib masker dan vaksin. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan herd imunity bagi masyarakat.

“Kegiatan ini diawali di stasiun Yogyakarta (Tugu), karena kita ingin di tempat-tempat masyarakat berkumpul harus wajib masker dan vaksin. Pencanangan ini akan kita lanjutkan ke tempat yang lainnya, seperti di perbatasan kota, tempat keramaian atau kegiatan masyarakat,” ungkapnya.

Eksekutif Vice Presiden PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Asdo Artiviyanto menambahkan hingga 10 Agustus ini pihaknya memang baru melaksanakan vaksinasi untuk 3.820 orang yang terdiri dari calon penumpang, pekerja KAI dan keluarga pekerja KAI. KAI berupaya menciptakan herd imunity atau kekebalan bersama.

“Saat ini persyaratan untuk penumpang KA jarak jauh, adalah menunjukkan surat vaksin, menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen yang berlaku 1×24 jam atau PCR berlaku 2×24 jam. Penumpang juga harus kondisi sehat, tidak sedang sakit flu, diare, batuk, suhu dibawah 37,3 derajat Celsius serta wajib memakai masker,” tandas dia.

Saat ini perjalanan KA pada masa PPKM, yang berangkat ataupun melewati wilayah Daop 6 Yogyakarta, yaitu KA Argo Lawu relasi Solobalapan – Gambir pp, KA Argo Wilis, Surabaya Gubeng – Bandung pp, KA Gajayana Malang – Gambir pp, KA Dwipangga, Solo – Gambir pp, KA Jayakarta, Surabaya – Pasar Senen pp. Ada pula KA Kahuripan relasi Blitar – Kiaracondong Bandung pp, KA Bengawan Purwosari – Pasar Senen pp, KA Sritanjung Lempuyangan – Ketapang pp. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI