MAN 1 Yogya Wisuda 94 Siswa Penghafal Quran

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 94 penghafal Alquran siswa MAN 1 Yogyakarta mengikuti wisuda tahfidz dan tabligh akbar di University Club UGM, Kamis (21/10/2021). Tema yang diangkat ‘Mewujudkan Santri Generasi Z sebagai Pewaris Nabi Muhammad SAW melalui Cinta Alquran’.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs H Wiranto Prasetyahadi MPd mengatakan, siswa yang sudah menyelesaikan hafalan 30 juz berjumlah 7 siswa dan yang lainnya memiliki variasi hafalan, ada yang hafal 17 Juz, 10 Juz atau 2 Juz. “Siswa yang hadir secara langsung 85 siswa dan yang mengikuti wisuda secara online 9 siswa,” kata Wiranto.

Adapun tablig akbar menghadirkan penceramah, KH Aunullah Ala Habib Lc atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Aun, pimpinan Pondok Pesantren Al-Huda Doglo Boyolali. Kegiatan dimeriahkan dengan pertunjukan kreasi siswa MAN 1 Yogya yaitu, Tari Saman dan Mansakustik, serta hadir pula Al Hakim Scholarship yang akan memberikan penghargaan secara simbolis kepada wisudawan tahfiz.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY Dr H Masmin Afif MA, Kepala Bidang Pendidkan Madrasah Kanwil Kemenag DIY H Muntholib MPd, Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs H Nur Abadi MPd, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Elfa Tsuroya MPdI dan Ketua Komite Madrasah Drs H Suyuti MPd.

Wiranto berharap, kegiatan ini menjadi momentum untuk mengembalikan marwah santri sebagai pewaris Nabi yang berwawasan berkemajuan dalam penguasaan pemanfaatan teknologi dan informasi, serta tetap berpegang teguh dan cinta terhadap Alquran yang diwujudkan melalui program tahfiz.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Dr H Masmin Afif MAg sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kami bangga, ada tujuh siswa di madrasah ini yang sudah hafal Alquran 30 juz. Penghafal Alquran adalah generasi yang cerdas. Insya Allah kalau anak-anakku menjaga Alquran, Allah akan menjaga kalian,” ungkapnya. (Dev)

 

 

BERITA REKOMENDASI