Manfaat Air Putih Selama Puasa

Editor: Ivan Aditya

AIR putih memang besar manfaatnya bagi manusia. Disarankan seseorang mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari, hal ini juga sangat baik jika dikonsumsi seseorang yang sedang berpuasa. Saat berpuasa seseorang tidak makan dan minum selama sekitar 14 jam, kurangnya cairan dan asupan nutrisi yang cukup akan membuat tubuh terasa lemas.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan adalah dengan banyak minum air putih. Minum air putih tidak hanya bisa membuat tubuh tetap bugar dan fit, namun air putih juga banyak memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut ini manfaat banyak minum air putih saat selama puasa.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga seseorang akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Lebih dari setengah tubuh manusia adalah cairan. Air akan membantu fungsi penting dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ-organ vital dan membantu melancarkan pencernaan.

Menyehatkan Jantung

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus. Tak hanya itu, air putih juga bagus untuk menyembuhakan penyakit kewanitaan.

Menghilangkan Kotoran dalam Tubuh

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Air putih dengan tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak juga akan menjaga tubuh tetap ideal. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Tubuh Lebih Bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Seseorang mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air, ini karena air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Penyeimbang Tubuh

Jumlah air yang menurun dalam tubuh maka fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri maupun virus. Namun tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. (Van)

BERITA REKOMENDASI