‘MAntul’ Layanan Dindukcapil Yogya Untuk Pengantin Baru, Penasaran?

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya menggulirkan layanan baru yang diperuntukkan pengantin baru. Layanan tersebut berupa ‘MAntul’, kepanjangan dari Manten Anyar entuk telu.

Melalui layanan tersebut setiap pengantin baru akan mendapatkan tiga berkas administrasi kependudukan (adminduk) sekaligus yakni kutipan akta perkawinan, kartu keluarga dan KTP elektronik. “Ini akan memudahkan pengantin baru agar mampu tertib administrasi kependudukan. Sepanjang rencana pernikahan itu dilaporkan petugas di wilayah, kami akan memproses tiga administrasi kependudukannya,” urai Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi usai peluncuran layanan MAntul di GKJ Sawo Kembar Gondokusuman, Sabtu (29/2).

Peluncuran inovasi tersebut ditandai dengan penyerahan tiga dokumen adminduk kepada pasangan pengantin usai melakukan pemberkatan pernikahan di GKJ Sawo Kembar. Pasangan pengantin itu ialah Kristianto Adi Widiatmoko dan Anis Natalia Christiani. Kedua orangtua mempelai juga mendapatkan kartu keluarga baru.

“Inovasi Dindukcapil ini adalah bentuk hadirnya negara atas peristiwa penting yang dialami warganya. Terutama bagi penduduk Kota Yogya yang resmi mengikat tali perkawinan,” imbuh Heroe.

Kepala Dindukcapil Kota Yogya Sisruwadi, menambahkan inovasi layanan MAntul tersebut untuk memudahkan pelayanan perkawinan kepada masyarakat, terutama bagi nonmuslim. Sehingga akurasi data status perkawinan bisa dicapai. Selain itu mampu mempercepat pelayanan, efisiensi mekanisme pelayanan, hingga perlindungan hukum atas perubahan status penduduk. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI