Masa Bakti Pengurus RT dan RW Diperpanjang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa bakti pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) periode 2018-2021 yang sedianya berakhir 31 Maret, diperpanjang enam bulan. Status perpanjangan tersebut sudah dituangkan melalui Instruksi Walikota Nomor 1 Tahun 2021.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogya, Budi Santoso mengungkapkan perpanjangan kepengurusan tersebut ditetapkan sampai 30 September 2021. ”Dengan adanya perpanjangan kepengurusan maka proses pemilihan juga turut diundur,” tandasnya.

Faktor utama perpanjangan kepengurusan RT dan RW tersebut ialah mempertimbangkan penanganan Covid-19. Hal ini karena peran RT dan RW dalam penanganan Covid-19 cukup strategis di tengah penambahan kasus yang masih terjadi. Sehingga pengurus yang sudah ada sekarang sangat dibutuhkan demi optimalisasi pengendalian kasus.

Selain itu, imbuh Budi, satu bulan sebelum masuk kepengurusan baru biasanya dilakukan pemilihan secara serentak di wilayah. Sementara kondisi saat ini belum dimungkinkan ada pemilihan guna menghindari kerumunan.

BERITA REKOMENDASI