Masa Pasca Pandemi Perlu Kurikulum Sosial Kebiasaan Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJa.com – Pandemi Covid-19 masih berlangsung, bahkan makin luas mendekati angka 4 juta kasus. Hal ini membutuhkan langkah baru bersifat bottom up didasarkan kesadaran warga yang berbasis pengetahuan dan pemahaman tentang apa yang harus dilakukan dalam masa pandemi, serta setelahnya.

“Forum 2045 mengambil inisiatif menyelenggarakan diskusi Sabtu (21/08/2021) sebagai langkah awal membangun diskursus publik, dan pada sisi yang lain akan menjadi awal bagi langkah strategis bersama (multi stakeholder). Dari diskusi diharapkan: (1) konsepsi yang lebih utuh tentang kurikulum sosial kebiasaan baru (KSKB); dan (2) gambaran umum tentang gerakan pendidikan masyarakat,” jelas Ketua Forum 2045 Dr Untoro Hariadi kepada KRJOGJA.com, Sabtu (21/08/2021).

Diskusi menghadirkan narasumber Prof Dr Sunyoto Usman MA (Universitas Gadjah Mada), Prof Suwarsih Madya MA, PhD (Universitas Negeri Yogyakarta), R Endra Widyarsono MPd MM (Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan), Dr Jusuf Kristianto, MM MKes (Dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta) H Arya Sandhiyudha PhD (Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta), dan moderator Dwi Harsono, PhD (Universitas Negeri Yogyakarta), Dr (Cand) Bresca Merina MEcDev. (Universitas Proklamasi 45).

“Nantinya gerakan pendidikan dapat mengintegrasikan kampus, sekolah-sekolah, komunitas (desa, kampung), sektor privat (korporasi) dan pemerintah, dalam suatu skema besar kolaborasi. Dengan model ini, diharapkan akan terbangun suatu gerak bersama, yang di masa depan akan ikut menopang keberlangsungan kebiasaan baru,” jelasnya.

Dijelaskan Kurikulum Sosial Kebiasaan Baru, bukan kurikulum yang datang dari atas, melainkan dibangun dari bawah, atau diambil dari pengalaman hidup warga selama masa pandemi. “Dunia akademi akan membantu memfasilitasi proses dimana warga merefleksikan pengalaman hidupnya, mengurai, menganalisis dan mengambil pelajaran dari padanya. Dari seluruh bahan itulah, kurikulum disusun dan menjadi alat dalam pembelajaran bersama. Forum 2045 percaya menyelesaikan hulu masalah akan merupakan jalan baik untuk dapat segera mengakhiri pandemi,” pungkasnya. (Vin)

UAD

BERITA REKOMENDASI