Masjid DPRD DIY Mulai Salat Jumat Perdana

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masjid di wilayah DIY mulai dibuka untuk kegiatan ibadah, Jumat (05/06/2020). Umat Muslim mulai bisa melaksanakan Salat Jumat setelah lebih dari tiga bulan harus beribadah di rumah lantaran pandemi Covid-19.

Salah satu yang mulai buka untuk beribadah yakni Masjid DPRD DIY. Puluhan jamaah mengikuti Salat Jumat perdana di masa pandemi Covid dengan protokol kesehatan.

Ketua Takmir Masjid DPRD DIY, Tri Suyut mengatakan dibukanya masjid merupakan tindaklanjut SE Menteri Agama nomor 15 tahun 2020 terkait masjid yang boleh dibuka untuk kegiatan salat berjamaah lima waktu dan Jumatan. Menurut Tri, langkah pencegahan dilakukan yakni dengan melakukan sterilisasi sebelum Jumatan, penerapan jaga jarak dan cek suhu tubuh.

“Jamaah harus lolos cek suhu tubuh, kalau panas di atas normal tidak boleh ikut ibadah. Di pintu masuk kami sediakan hand sanitizer dan shaf jamaah diatur berjarak,” ungkapnya.

Beberapa kebijakan sesuai protokol kesehatan juga dilakukan seperti lama khotbah yang maksimal 10 menit saja. “Untuk sementara karena masih terbatas kapasitasnya, hanya untuk kalangan dalam DPRD saja karena sesuai himbauan untuk menerapkan jaga jarak,” sambung dia.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah mengeluarkan panduan pedoman Salat Jumat bagi masjid yang sudah dibuka. Muhammadiyah meminta masjid menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Salat Jumat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI