Masjid Kauman Sembelih 12 Sapi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengurus Masjid Gede Kauman melakukan pemotongan 12 ekor sapi dan 23 ekor kambing kurban di hari raya Idul Adha, Jumat (01/09/2017). Nantimya daging hewan kurban dari Masjid Kauman akan didistribusikan ke berbagai wilayah DIY dan sekitarnya yang dirasa lebih membutuhkan.

Budi Setiawan sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI) DIY mengatakan hingga hari ini pihaknya telah menerima 12 ekor sapi dan 23 ekor kambing dari berbagai pihak termasuk Sri Sultan HB X. Seluruh hewan akan langsung disembelih usai melaksanakan sholat Idul Adha dan nantinya didistribusikan ke berbagai wilayah.

"Untuk masyarakat sekitar kami rasa tidak terlalu banyak dan nanti akan dibawa keluar karena banyak permintaan dari luar daerah. Ke seluruh wilayah DIY dan sampai Magelang Jawa Tengah, kemugkinan jika melihat 15 ekor sapi bisa lebih dari 5.000 paket," ungkapnya.

Untuk memastikan keamanan daging kurban, pihak masjid sendiri menurut Budi Setiawan telah melakuka serangkaian persiapan diantaranya menghadirkan Dinas Pertanian untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan yang akan dipotong. "Kami sudah persiapkan sejak semalam termasuk kesehatan sapi dan Insyaallah sehat semua lolos sesuai syarat kesehatan," sambungnya.

Panitia pun berharap pendistribusian hewan kurban bisa berjalan dengan lancar dan sampai pada masyarakat yang memang membutuhkan. "Kami berharap bisa didistribusikan pada masyarakat yang benar-benar kurang mampu dan membutuhkan, karena Idul Adha ini bukan hanya urusan ibadah saja tapi sosial masyarakat," pungkasnya.

Sementara Azman Latif ketua Takmir Masjid Gede Kauman mengungkap paling tidak ada 140 surat permohonan daging yang masuk ke sekretariat masjid. "Kami sanggupi semuanya dan sebagian besar kami sampaikan ke wilayah DIY," terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, petugas pemotongan hewan kurban masih terus melaksanakan tugasnya di sisi utara Masjid Gede Kauman. Siang tadi prosesi sempat dihentikan untuk memberikan waktu menunaikan ibadah Sholat Jumat.

Petugas juga sempat menemukan dua sapi yang terserang cacing hati dan lantas menguburkan hati sapi tersebut. Namun secara umum daging layak untuk dikonsumsi masyarakat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI