Masker Kain Multi Layer Efektif Digunakan Saat Keluar Rumah

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Keluarga Penyangga Indonesia merekomendasikan masker kain multi layer untuk warga masyarakat yang masih harus beraktivitas di luar rumah saat masa pandemi Corona Covid-19 saat ini. Hal tersebut lantaran keterbatasan masker medis ditambah pula mencegah peluang dari asimtomatik carrier.

Dengan perkembangan penderita Covid 19 yang meningkat luar biasa di Indonesia dan masih terbatasnya pemeriksaan laboratorium Deteksi virus ini, menyebabkan individu dengan asimtomatik carrier (Orang Tanpa Gejala) akan semakin banyak dan sulit terdeteksi. Asimtomatik carrier adalah Individu yang sebenarnya sudah tertular tetapi belum menunjukkan gejala dan masih bebas berinteraksi dengan individu lain dan berpotensi menularkan ke individu lain terutama individu yang rentan.

“Kami menilai ketika aturan Social dan Physical Distancing sukar diterapkan, maka penggunaan Masker kain untuk umum dinilai cukup efektif untuk menurunkan risiko penularan COVID 19,” kata dr M. Hud Suhargono, SpOG(K), Humas Keluarga Penyangga Indonesia dalam rilis tertulis pada media Sabtu (11/4/2020).

Pada awal April 2020 ini, CDC (Centre of Disease Control and Prevention) di Amerika Serikat merekomendasikan penggunaan masker kain buatan rumah sebagai alternatif untuk masyarakat umum, dan masker medis (masker bedah / masker N95) yang jumlahnya terbatas saat ini sebaiknya dipakai hanya oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan. Bahan masker yang berasal dari kain bahan baju diharapkan mempermudah masyarakat untuk menperolehnya atau membuat sendiri di rumah sehingga masyarakat mendapatkan alternatif memakai masker daripada tidak memakai masker sama sekali ketika keluar rumah atau saat berinteraksi dengan orang lain.

BERITA REKOMENDASI