Maskop Adakan Aksi Dukung KPK

YOGYA, KRJOGJA.com – Massa yang tergabung dalam Masyarakat Kopi (Maskop), Rabu (11/9) menggelar aksi solidaritas mendukung revisi Undang-undang (RUU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Titik Nol, Yogya. Aksi ini dinilai sebagai langkah untuk mengoptimalkan porsi pencegahan tindakan korupsi.

Dalam aksinya, mereka membawa poter berisi sejumlah tulisan, misalnya Revisi UU KPK cegah makelar kasus, Revisi UU KPK untuk KPK yang lebih tegas dan berintegritas dan Stop intervensi terhadap KPK.

Koordinator aksi ,Mulyadi mengungkapkan, revisi UU KPK sudah masuk dalam program legislasi nasional DPR RI, revisi UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK telah digulirkan DPR menjadi sebuah tuntutan demokrasi untuk mewujudkan lembaga korupsi yang independen, profesional dan transparan.

“Untuk itu, melalui aksi solidaritas ini, kami dari Maskop serta seluruh komponen masyarakat lainnya sepakat memberikan pernyataan sikap mendukung revisi UU KPK,” terangnya.

Sebanyak 5 pernyataan sikap yang diberikan oleh massa yang tergabung dalam Maskop tersebut, diantaranya kerja pemerintah dalam melayani masyarakat akan maksimal jika antar instansi dapat menjalankan fungsi koordinasi, maka KPK butuh pasal pengawasan. Lalu UU KPK harus direvisi, dan revisi bukanlah bentuk memperlemah akan tetapi merubah strategi yang disesuaikan dengan perkembangan permasalahan dalam memperkuat dan mempertegas arah strategis pemberantasan korupsi.

Pernyataan sikap berikutnya adalah revisi UU KPK adalah upaya reformasi dan memperkuat kedudukan dan profesionalitas. Selain itu juga sebagai langkah menjadikan KPK lebih adil dan objektif, bukan berarti menghilangkan eksistensi dan indepensi KPK karena akan tetap mengedepankan prinsip pencegahan dan pengawasan tindak pidana korupsi dengan memperhatikan hak asasi manusia. (*)

 

BERITA REKOMENDASI