Masuk Bali Wajib Swab, Bagaimana Dengan Jogja?

Editor: KRjogja/Gus

PEMERINTAH mewajibkan seluruh wisatawan yang masuk ke Pulau Bali melalui jalur darat wajib melakukan rapid test antigen H-2 sebelum keberangkatan. Sedangkan penumpang pesawat wajib tes uji swab PCR H-2 sebelum keberangkatan. Kebijakan ini berlaku mulai 18 Agustus hingga 4 Januari 2020.

Meskipun kebijakan tersebut dibuat oleh pemerintah pusat, namun bagi pemerintah daerah diperbolehkan membuat kebijakannya sendiri guna menekan persebaran virus Covid-19 yang masih masif terjadi.

“Sampai dengan hari ini ke Yogya kita masih menggunakan ketentuan lama tetapi kalau tamu-tamu pemerintah daerah itu kalau memang dari luar daerah kita minta swab, dalam daerah dengan rapid tes,” jelas Sekda DIY, Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Rabu (16/12) seperti dilansir dari harianmerapi.com.

Ketentuan lama yang dipersyaratkan apabila masuk Yogyakarta, menurut Aji, apabila melalui jalur darat masih sama seperti dahulu yakni pengecekan suhu tubuh saja. Sedangkan jalur udara selalu dipersyaratkan rapid test. “Kita lebih banyak screening, kalau kereta tetap rapid, kalau mobil sendiri, bus gitu, kita masih menggunakan tes suhu tubuh,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI