Masyarakat Antusias Terlibat Badan Adhoc Pilwali Yogya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Proses pembentukan atau rekrutmen badan adhoc yang dilakukan oleh KPU maupun Panwas Kota Yogya berjalan mulus. Jika dalam pemilu sebelumnya sempat mengalami kendala lantaran minim peminat atau pendaftar, kali ini tidak demikian. Masyarakat dinilai antusias untuk terlibat tahapan Pilwali.

"Sejak awal kami membuka pendaftaran untuk calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), antusias masyarakat sudah terlihat. Hingga hari terakhir pengembalian formulir, semua kecamatan sudah terpenuhi," ungkap Ketua Panwas Kota Yogya, Agus Muhammad Yasin, Jumat (01/07/2016).

Kendati tiap kecamatan hanya dibutuhkan tiga anggota Panwascam, namun calon pendaftar minimal harus ada dua kali lipatnya atau enam orang. Hal ini supaya proses seleksi dapat menghasilkan calon Panwascam yang berintegritas. Dari total pendaftar 129 orang, sebanyak 123 orang dinyatakan lolos administrasi dan harus mengikuti ujian tertulis, Sabtu (02/07/2016) di STIE Widya Widaha Lowanu Yogya.

Agus optimis, antusiasme warga masyarakat tersebut kelak bisa menghasilkan kadar pengawasan Pilwali yang lebih optimal. Apalagi, selain badan adhoc yang terikat untuk membantu Panwas, relawan pengawas dari unsur akademisi, pegiat LSM serta tokoh masyarakat dan tokoh agama juga cukup banyak. "Kami optimis, dengan sistem seleksi yang cukup ketat bisa menghasilkan anggota Panwascam yang berintegritas," tandasnya. (Dhi)

 

BERITA REKOMENDASI