Masyarakat Bisa Jadi Agen BNI

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – PT Bank Negara Indonesia (Pesero) Tbk (BNI) Kantor Cabang Yogyakarta terus menggalakkan program Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk keuangan inklusif bagi masyarakat umum. Program ini bertujuan memudahkan masyarakat, khususnya yang bertempat tinggal jauh dari pusat kota, untuk melakukan berbagai transaksi. Misalnya, membuka rekening tabungan baru, menabung, menarik dana, membayar tagihan listrik, telepon. Transaksi-transaksi tersebut bisa dilakukan di agen, artinya masyarakat tidak harus datang ke kantor cabang BNI.

"Program Laku Pandai merekrut masyarakat perorangan atau berkelompok untuk menjadi agen BNI di wilayah tinggalnya. Kami menawarkan kepada siapa saja yang berminat karena program ini merupakan lapangan pekerjaan yang mudah didapatkan. Kita bisa membuat bank di rumah. Kami akan memfasilitasi misalnya papan nama atau atribut dan tanda pengenal. Kemudian memberikan edukasi, pelatihan dan mendampingi hingga warga tersebut bisa mengelola " jelas R Wawan Adinarmiharja, Pemimpin BNI Kantor Cabang Yogyakarta usai bertemu Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakya, dr Gun Nugroho Samawi yang didampingi Direktur Keuangan PT BP Kedaulatan Rakyat, Imam Satriadi SH, Jumat (05/08/2016).

Ditambahkan R Wawan, agar bisa menjadi agen Laku Pandai BNI, masyarakat harus memiliki rekening tabungan terlebih dulu. Tahap awal setoran minimal Rp 500.000. Syarat berikutnya adalah paham mengoperasikan perangkat telekomunikasi seperti HP, Tablet, PC ataupun Laptop. Perangkat ini harus terhubung dengan jaringan internet.

"Syaratnya mudah. Sebagai agen akan mendapat penghasilan dari jasa setiap transaksi. Hingga saat ini, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdapat 860 agen Laku Pandai BNI. Bahkan di desa Karangtengah Imogiri, Bantul, telah terbentuk Kampung BNI. Kami juga sedang meningkatkan gerakan non tunai. Masyarakat jika bepergian, tak harus membawa uang tunai. Cukup bawa kartu saja sehingga mengurangi risiko," imbuh R Wawan.

Budi Purnama, Pemimpin BNI Kantor Kas Gamping, Sleman yang mendampingi R Wawan, mengatakan, selain program Laku Pandai yang merupakan bagian dari CSR, BNI tetap melayani kebutuhan masyarakat lewat aneka program kredit. Antaralain BNI flexi bagi karyawan berpenghasilan tetap, BNI Griya, BNI Multiguna serta Kredi Usaha Rakyat yang merupakan modal kerja untuk mendukung usaha warga. (R-1)

BERITA REKOMENDASI