Masyarakat Bisa Unggah Konten di TV Digital, Ini Harapan KPID DIY

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Komunitas masyarakat bisa mengunggah konten di TV Digital melalui kanal milik TVRI Yogyakarta. Hal tersebut menarik karena kini masyarakat bisa berpartisipasi menyuguhkan tontonan dengan basis komunitas di bawah.

Kanal TV digital negara seperti TVRI memiliki waktu untuk konten komunitas masyarakat di malam hari. Masyarakat bisa mengisi tayangan tersebut, dengan beberapa persyaratan seperti non komersial, memuat budaya hingga bisa berkelanjutan ke depan.

Anggota Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY, Febriyanto mengatakan kontribusi masyarakat dalam membuat konten tayangan digital menjadi hal menarik untuk dinantikan. Namun begitu, KPID DIY berharap konten yang disajikan memuat banyak hal edukatif yang menarik untuk masyarakat.

“Menurut kami, hal tersebut adalah sebuah pengalaman menarik bagi komunitas masyarakat. Masyarakat bisa berperan aktif. Mereka bisa mengirimkan konten ke lembaga penyiaran dan ditayangkan. Namun tentu saja harapannya konten itu menarik dan mengedukasi,” ungkapnya pada KRjogja.com, Jumat (24/6/2022).

Televisi tentu akan berusaha berperan aktif mengisi konten selama 24 jam mengudara. Adanya kurasi konten sangat penting dilakukan untuk memastikan asupan siaran bagi masyarakat membawa manfaat dan dampak positif.

“Bisa dengan kolaborasi masyarakat, bisa juga bekerjasama dengan rumah produksi atau sinema-sinema yang ada. Namun harapan kami tetap membawa dampak positif bagi pemirsa,” tandasnya.

Meski demikian, KPID DIY juga berharap adanya jurnalisme warga yang diangkat oleh kanal TV digital tetap harus memperhatikan aturan penyiaran yang ada. “Tetap jangan sampai lepas dari pedoman standar penyelenggaraan penyiaran atau P3SPS,” pungkas Febriyanto. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI