Masyarakat Diminta Tak Lupakan Nilai Religi Sekaten

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berharap gelaran Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) dapat menjadi sarana untuk mendorong potensi lokal yang ada di daerah ini. Dengan adanya PMPS, juga diharapkan nantinya mampu untuk memajukan perekonomian rakyat.

“Saya harap dari PMPS ini mendorong potensi warga lokal melalui kesenian yang dihadirkan. Diharapkan pula gelaran ini mampu mendorong perekonomian warga,” tegas Heroe Poerwadi saat mengunjungi Stand Kedaulatan Rakyat di arena PMPS Alun-alun Utara Yogyakarta, Jumat (02/11/2018).

Dalam kesempatan ini Heroe Poerwadi meminta masyarakat untuk tak melupakan nilai-nilai budaya dan religi yang terkandung dalam Sekaten. Menurutnya Sekaten sarat akan makna religi dikemas dalam bentuk budaya yang terus lestari hingga saat ini.

Sekaten menurutnya bukanlah gelaran budaya milik warga Yogya semata. Agenda tradisi tahunan ini dalam perkembangannya telah menjadi kegiatan budaya milik seluruh masyarakat negeri ini.

"Masyarakat yang pernah ke Yogya diharapkan mampu memiliki Sekaten ini. Karena dalam Sekaten ini (terdapat) tradisi dan sejarah yang panjang juga,” tegasnya. (Javang Kohin Pradana)

BERITA REKOMENDASI