Masyarakat Khawatir Vaksin Covid, Ketua DPRD DIY Minta Pejabat Jadi Contoh

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 14 box berisi 26.800 dosis vaksin Sinovac untuk Covid-19 tiba di Yogyakarta, Selasa (05/01/2021) pagi tadi dan langsung disimpan di Gudang Dinas Kesehatan DIY. Namun, di sisi lain masih banyak masyarakat yang sanksi dan gamang divaksin karena isu-isu yang mengiringi perjalanan pembuatan selama ini.

Ketua DPRD DIY, Nuryadi mengatakan vaksin tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengamankan rakyat dari virus Corona Covid-19. Masyarakat pun diminta tak khawatir dengan vaksin tersebut dan bersedia mengakses demi kebaikan bersama.

“Ini kan upaya pemerintah untuk mengamankan rakyat dari Covid dengan memberikan vaksin. Presiden bahkan siap jadi orang pertama yang divaksin, jadi harapan kami masyarakat tak perlu khawatir,” ungkapnya pada wartawan, Selasa (5/1/2021).

Nuryadi bahkan mengatakan bawasanya untuk meyakinkan masyarakat, pejabat di DIY seharusnya juga memberikan contoh untuk diberikan vaksin terlebih dahulu. Apalagi kini masyarakat di atas 60 tahun disebut bisa mendapatkan vaksin dengan catatan medis.

“Kan orang nomor satu di Indonesia sudah bersedia, kalau di DIY mengapa tidak. Kalau ada kekhawatiran ya kita dorong orang nomor satu di DIY untuk divaksin terlebih dahulu. Andaikata diperlukan akan begitu. Apabila masyarakat sangsi maka tak ada salahnya pemangku kebijakan mengambil langkah seperti presiden. Kita siap untuk ikut menjadi yang pertama,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara Dewan juga bersiap memanggil stakeholder kesehatan seperti Dinas Kesehatan dan Balai POM untuk meminta penjelasan secara lebih detail terkait vaksin Sinovac. “Kami akan panggil segera, agar semua clear juga. Masyarakat tidak khawatir karena informasi yang didapat jelas,” pungkas Nuryadi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI