Mau Bersepeda, Ini Tips dari M Fadli Atlet Para Cycling Indonesia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – M Fadli merupakan atlet para cycling Indonesia peraih medali emas Asian Para Games 2018. Dulunya, dia adalah pebalap motor yang harus pensiun setelah terlibat kecelakaan yang membuat kaki kirinya diamputasi.

Fadli terbilang sangat luar biasa, ia mampu mengubah keterpurukan menjadi tenaga positif untuk terus berprestasi dan menebar motivasi bagi sesama. Fadli kini menjadi pelatih balap motor, aktif bersepeda dan juga menjadi pembicara motivator di berbagai event.

Fadli berada di Yogyakarta untuk ikut dalam ajang PRURide 2019 melibas 120 kilometer Yogyakarta bagian selatan. Ia pun berbagi tips bersepeda bagi para penghobi yang jumlahnya terus bertambah khususnya di wilayah DIY.

Menurut Fadli, pesepeda membutuhkan perlengkapan keamanan seperti helm, sepatu dan jersey. Selain menunjang performa, perlengkapan tersebut memastikan keamanan pesepeda saat berusaha mendapatkan kecepatan terbaik.

“Helm, sepatu dan jersey mungkin tetap harus disiapkan dan digunakan ya karena bagaimanapun safety itu utama. Tapi selain itu persiapan fisik juga harus diperhatikan,” ungkap Fadli ketika dijumpai di area parkir Mandala Krida, Sabtu (07/12/2019)

Fisik menurut Fadli menjadi hal paling penting dalam bersepeda khususnya roadbike. Pesepeda hobi harus berlatih secara bertahap untuk mendapatkan endurance atau daya tahan bersepeda jarak jauh seperti yang akan dilakukan dalam PRURide 120 kilometer.

“Tidak disarankan orang yang baru memulai bersepeda langsung lama misalnya 3-4 jam durasinya, karena fisik yang belum terbentuk. Idealnya mulai seturut kekuatan dulu apakah itu mulai setengah jam atau satu jam lalu naik lagi dan bertambah lagi durasi latihannya menyesuaikan kondisi fisik, step by step. Ini yang mungkin bisa dilakukan teman-teman penghobi sepeda,” ungkapnya lagi.

Fadli sendiri menilai semakin banyaknya penghobi sepeda menjadi indikator baik meningkatnya kesehatan masyarakat. Bersepeda memiliki manfaat bagi jantung manusia dan membentuk otot selain fungsi refreshing melewati rute-rute indah selama perjalanan. 

“Ini indikasi bagus, berarti orang semakin banyak berolahraga dan ingin sehat. Ketika bersepeda sudah jadi lifestyle, ini bagus dengan catatan sehat dan safety tetap diutamakan,” pungkas Fadli. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI