Mau Cegah Penyebaran Corona? Yuk Lakukan Empat Hal Ini

CORONA atau Covid-19 sudah menyebar di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Beberapa masyarakat sudah positif terpapar virus ini. Ingat pepatah lama, lebih baik mencegah daripada mengobati ada beberapa upaya yang bisa dilakukan masyarakat berikut ini :

1. Menjaga jarak sosial (social distance)

Menurut Anggota Satgas Covid-19 Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Riris Andono Ahmad MPH PhD, penularan virus terjadi melalui droplet atau cairan tubuh yang bisa terpercik pada seseorang atau pada benda-benda di sekitarnya pada jarak 1-2 meter melalui batuk atau bersin.

“Itulah mengapa kebijakan menutup tempat-tempat umum seperti tempat wisata dilakukan, tak lain untuk menciptakan jarak sosial (social distance). Oleh karena itu kurangi nge-mall atau pergi ke tempat keramaian. Lebih baik di rumah dulu, kalau tidak ada kegiatan yang sangat penting,” terang Riris Andono kepada KR, Minggu (15/3).

Dia menjelaskan Covid-19 sudah bisa menular meskipun belum ada gejala, sehingga dalam waktu singkat jumlah yang sakit bisa langsung banyak. “Menjadi penting jika semua orang mau menjauhkan diri dari keramaian untuk membantu mencegah penularan,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT