Mau Eksis di Era New Normal? UMKM Harus Pakai Strategi Digital

Editor: KRjogja/Gus

KRJOGJA.com – Para pelaku bisnis tentunya harus bisa beradaptasi dengan perubahan saat ini dimana perilaku konsumen beralih dari offline ke online dengan signifikan sebagai dampak pandemi covid-19. Hal ini karena ketika status wabah virus corona atau Covid-19 menjadi pandemi, pemerintah menghimbau agar masyarakat berkegiatan di rumah saja sebagai upaya mitigasi, sehingga pengunjung pusat perbelanjaan turun hingga 50%.

Para pelaku UMKM harus menyusun strategi digital sebagai bagian dari adaptasi untuk dapat bertahan dan juga tetap berkembang dalam kondisi saat ini. Hal ini pula yang menjadi tema utama pembahasan dalam Inspira Webinar with JNE pada hari Minggu (31/05) dengan narasumber Christian Kustedi, Founder & CEO Dusdusan.com.

Christian menjelaskan dalam strategi digital ada tiga poin yang esensial, yaitu konten, database dan ads. Dalam hal konten, para UKM harus mampu membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target market. Memanfaatkan hal yang sedang populer juga dapat meningkatkan engagement audience terhadap konten.

UKM pun harus mengumpulkan dan menganalisa database karena berfungsi untuk memaksimalkan promo kepada audience yang tepat. Selanjutnya, ads atau iklan untuk promosi juga harus dilakukan karena berguna untuk memperluas capaian konten yang dibuat melalui digital kepada user baru di luar database yang masih sesuai dengan target market.

Berbagai jenis taktik dan strategi digital marketing pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mempromosikan sebuah produk atau jasa untuk meningkatkan brand awareness yang pada akhirnya meningkatkan jumlah pembelian.

BERITA REKOMENDASI