Mau Hidup Lagi, Waluyo Harus Gugat Kematiannya Sendiri

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta tak bisa begitu saja mencabut akta kematian yang telah terbit atasnama Waluyo warga Suryoputran PB III/43 RT 35 RW 10 Panembahan Kraton Yogyakarta yang ternyata kembali ke rumah dalam keadaan sehat walafiat. Waluyo dan keluarga harus menggugat kematian tersebut ke pengadilan hingga nantinya diputuskan bahwa pria 62 tahun tersebut belum benar-benar meninggal.

H Sisruwadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta kepada wartawan Jumat (5/8/2016) mengatakan pihaknya tak bisa begitu saja mencabut akta kematian yang telah dikeluarkan sejak Mei 2015 lalu. Pasalnya, aspek legal mulai keterangan RSUP Dr Sardjito hingga pengantar keluarga dan RT RE setempat telah memenuhi unsur legalitas hingga akhirnya akta kematian tersebut dikeluarkan.

(Baca juga: Dikuburkan Setahun Lalu, Waluyo Pulang ke Rumah)

"Terkait kematian Waluyo ini yang mengajukan permohonan kala itu anaknya dan aktanya memenuhi persyaratan untuk diterbitkan salah satunya ada keterangan dari Sardjito termasuk keterangan RT RW tempatnya tinggal di Suryoputran. Kami tidak bisa langsung membatalkan karena ada prosesnya," ungkapnya.

Menurut Sisruwadi, keluarga Waluyo paling tidak harus mendaftarkan perkara tersebut ke pengadilan negeri. "Nanti kami menunggu keputusan pengadilan apakah pria tersebut benar-benar Waluyo, barulah nanti akta bisa dibatalkan sesuai amar putusan," lanjutnya.
(Baca juga: Kisah Perjalanan Waluyo Setelah ‘Bangkit dari Kubur’)

Pihak keluarga dibantu pengurus RT RW setempat hingga kini masih berupaya untuk memulihkan hak Waluyo sebagai warga negara. "Kemarin Kamis (4/8/2016) sudah dipanggil ke Kecamatan dan menjelaskan semuanya, nanti nunggu arahan selanjutnya saja," ungkap anak Waluyo Anti Risanti.

Kala itu pihak keluarga bahkan istri meyakini bahwa pria yang akhirnya meninggal tersebut adalah Waluyo. Selama enam hari Alim S Katinah, istri Waluyo merawat pria mirip Waluyo di RSUP Dr Sardjito hingga akhirnya meninggal dunia. (Fxh)

Baca Juga :

Waluyo Terkenal, Keluarga Kini Takut Jasa Raharja

Waluyo 'Bangkit dari Kubur' Diundang ke Acaranya Tukul Arwana

Nama Waluyo Masih Terpasang di Makam, Keluarga Pasrah

 

BERITA REKOMENDASI