Mau Tukar Uang Pecahan Rp. 75 Ribu di BI, Ini Caranya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Bank Indonesia (BI) membuka kesempatan memiliki sebanyak-banyaknya Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) bagi masyarakat mulai 22 Maret 2021. Persyaratannya 1 KTP berlaku untuk penukaran maksimal 100 lembar UPK 75 Tahun RI per hari sehingga masyarakat yang telah melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI dapat kembali dan terus melakukan penukaran.

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY Miyono mengatakan kesempatan memiliki UPK 75 Tahun RI ini adalah kebijakan dari Kantor Pusat BI, dimana uang tersebut dicetak awalnya guna memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat. Selain itu, UPK 75 Tahun RI ini merupakan alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Karena ingin memberikan kenang-kenangan yang bisa dimiliki masyarakat luas sekaligus bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di tanah air. Jadi buruan tukar di Bank Umum yang ditunjuk BI karena untuk sementara Kantor Perwakilan BI DIY hanya menerima penukaran uang rusak setiap Kamis saat ini,” ujarnya di Kantor Perwakilan BI DIY, Selasa (30/3).

Miyono menegaskan intinya masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan UPK 75 Tahun RI, sementara masyarakat dapat menukarkan melalui perbankan yang ditunjuk di DIY. Kebijakan tersebut dinilainya sangat baik karena membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memiliki UPK 75 Tahun RI tidak hanya satu lembar tetapi setidaknya 100 lembar karena satu KTP dapat menukarkan 100 lembar per harinya.

“Kami persilahkan masyarakat menukarkan UPK 75 Tahun RI, karena animo masyarakat DIY cukup tinggi pada penukaran sebelumnya. Kami buka lalu drop di perbankan yang akan melayani penukaran UPK 75 Tahun RI dan stok ketersediaan masih banyak,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI