Mbah Putih Ditangkap, Begini Kronologis Menurut Keluarga

YOGYA, KRJOGJA.com – Dwi Irianto yang akrab disapa Mbah Putih, anggota Komisi Disiplin (Komdis) non aktif PSSI Jumat (28/12/2018) diamankan Satgas Anti Mafia Bola di salah satu hotel kawasan Jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta. Pihak keluarga pun menyampaikan kronologi dijemputnya pria yang saat ini masih menjabat Komisaris PT PSIM tersebut. 

Baca Juga: Jadi Target, Mbah Putih Ditangkap Satgas 

Berlandika Pramudipta putra kedua Mbah Putih mengungkap ayahnya sempat dibawa ke rumah di Jalan Pendowo Demangan Gondokusuman Yogyakarta sekira pukul 08.00 WIB. Menurut dia, saat itu ada lebih dari 10 petugas yang datang bersama sang ayah dari lokasi awal di hotel di Jalan Laksda Adisutjipto. 

“Tadi sekitar pukul 8 lebih, saya lihat ada apa kok rame di depan rumah. Ternyata ada papa dan orang-orang tadi tapi semua sopan, tidak ada penangkapan yang pakai borgol atau seperti kriminal begitu. Polisinya humanis, baik-baik,” ungkapnya pada wartawan ketika ditemui di kediamannya. 

Saat penangkapan menurut Dika, petugas kepolisian sempat meminta Mbah Putih menunjukkan berkas-berkas yang dimiliki selama bekerja sebagai anggota PSSI termasuk Komdis. “Tadi kalau tak salah dua tas dibawa, isinya dokumen selama papa di PSSI dan berkas sidang ketugasan Komdis. Tadi diminta menunjukkan berkasnya dan ditanya itu berkas apa lalu dibawa begitu, tapi prosesnya sopan tadi,” imbuhnya. 

Saat polisi memeriksa berkas tersebut dikatakan Dika, Mbah Putih bersama dia dan Ketua RT setempat turut menyaksikan sebagai saksi. Pun begitu polisi mempersilahkan Mbah Putih untuk membawa obat-obatan pribadi termasuk pakaian ganti. 

“Kami menyaksikan tadi, jadi tahu semua prosesnya. Polisi juga bilang nanti segala sesuatunya terkait papa akan dijamin termasuk makannya juga, petugas juga tanya apa ada obat yang dikonsumsi, tapi tidak ada karena tidak sakit,” imbuhnya lagi. 

Setelah dari rumah di Demangan, Mbah Putih sempat dibawa ke Polsek Gondokusuman untuk transit sebelum akhirnya dibawa ke Jakarta pada pukul 14.00 WIB melalui jalur udara. Mbah Putih diamankan lantaran diduga kuat terkait pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3 Indonesia dengan peran sebagai penyandang dana. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI