Mbah Wongso Terpilih Program Rehab Rumah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mbah Wongso (98) bersyukur rumah yang dihuninya selama ini menjadi salah satu sasaran program rehab tempat tinggal tak layak huni dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Warga Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo ini melengkapi sepuluh warga lainnya yang rumahnya akan direnovasi prajurit.

Kakek ini tak menyangka dirinya masuk dalam daftar nama yang dicatat Babinsa Koramil 07 Umbulharjo untuk menerima program tersebut. Anak perempuan Mbah Wongso, Suratinah yang selama ini menjaga dan merawatnya tak henti-hentinya mengucapkan kepada para prajurit yang telah membongkar rumah orang tuanya itu.

“Kalau tidak ada bantuan dari bapak tentara tentunya rumah orang tua kami tetap akan seperti ini. Kami anaknya juga tak bisa berbuat banyak untuk membahagiakan bapak, lha wong saya saja juga serba kekurangan,” ungkap Suratinah, Rabu (28/03/2018).

Selama ini Mbah Wongso tinggal di rumah sederhananya yang hanya berdinding ayaman bambu. Jika hujan turun maka rumah kakek ini bocor dan ia pun harus merasakan dinginnya angin yang masuk melalui sela-sela dinding rumahnya itu.

Pada rehab rumah dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim Yogyakarta ini nantinya rumah Mbah Wongso akan dibangun secara permanen dengan dinding berbahan batako. Seluruh bangunan mulai dari lantai hingga atap juga akan diganti untuk menunjang kesehatan dan keamanan penghuninya.

Pasi Teritorial (Pasiter) Kodim 0734 Yogyakarta, Kapten (Inf) Rino Tri Widodo menegaskan, rehab rumah tak layak huni ini memang menyasar warga kurang mampu. Dengan renovasi yang dilakukan para prajurit ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan serta menunjang kesehatan warga. (Van)

BERITA REKOMENDASI