Media Harus Kedepankan Etika dalam Memberitakan Pandemi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai wilayah di dunia merupakan situasi krisis yang perlu disikapi dengan bijak oleh pemerintah dan masyarakat, termasuk oleh media massa. Media memiliki peran penting dalam upaya mitigasi atau pengurangan resiko bencana dengan pemberitaan yang menjunjung tinggi etika.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Rani Dwi Lestari, M.A mengungkapkan, etika jurnalistik menjadi hal prinsip yang penting diterapkan oleh setiap media, terlebih dalam memberitakan wabah. Ini untuk menghindarkan media dari pemberitaan sensasional yang justru merugikan publik.

“Di masa wabah, masyarakat perlu literasi, bukan dramatisasi,” terangnya dalam kegiatan FIKOMM Berbagi Ilmu yang bertajuk ‘Etika Jurnalistik dan Peran Media Menangkal Hoax di Masa Pandemi’ yang diikuti oleh mahasiswa, akademisi dan pengamat media dari berbagai wilayah.

Menurut Rani, media berperan vital dalam memberikan pemahaman masyarakat atas situasi sulit yang harus dilalui. Sayangnya, beberapa media justru banyak terjebak untuk mengeksploitasi sumber dan minimnya verifikasi dalam pemberitaan.

BERITA REKOMENDASI