Media Mainstream Paling Sanggup Melawan Hoaks

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Biro Hubungan Masyrakat (Humas), Sektretariat, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI terus memperkuat kerja sama dengan media-media mainstream seperti Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat Yogyakarta dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat guna mendukung program-program prioritas Pemerintah menuju Indonesia Maju.

Kepala Biro Humas, Sekretariat Kemensetneg RI Eddy Cahyono Sugiharto mengatakan, di era digital saat ini, banyak informasi dan berita palsu (hoaks) yang beredar di media sosial dan meresahkan. Hal itu menyebabkan masyarakat mulai kembali mempercayai informasi/berita yang diproduksi oleh media-media mainstream. Selain bisa dipertanggungjawabkan, berita-berita media mainstream (cetak, elektronik, online) menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, dilakukan oleh wartawan profesional dan melalui proses editing ketat di redaksi.

“Kita semua memahami bahwa untuk mencegah informasi/berita beredar di medsos sangat tidak mungkin. Sehingga cara yang bisa ditempuh untuk melawan berita hoaks yakni mengimbanginya dengan berita-berita positif yang disiarkan oleh media mainstream,” terang Eddy didampingi jajaran saat bersilaturahmi dengan Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat M Wirmon Samawi SE MIB bersama jajaran direksi dan Pemimpin Redaksi KR di Kantor Direksi KR, Jalan Margo Utomo Yogyakarta, Kamis (17/06/2021).

Dijelaskan Eddy, Biro Humas, Sekretariat Kemensetneg RI memiliki tugas memberi dukungan lewat diseminasi terhadap program-program prioritas yang menjadi fokus Presiden RI, Wakil Presiden dan Menteri Sekretaris Negara. Oleh sebab itu, Biro Humas, Sekretariat Kemensetneg RI terus menjalin kolaborasi dengan berbagai stake holder.

“Kami sangat kagum dengan semangat dan komitmen KR terhadap kebangsaan, serta semangat dalam membantu sesama lewat tagline Migunani Tumpraping Liyan. Kami berharap kolaborasi dengan KR bisa terus ditingkatkan,” katanya.

Dalam kunjungan dinasnya ke Yogyakarta, selain bersilaturahmi dengan PT BP KR, Biro Humas, Sekretariat Kemensetneg RI juga berdiskusi dengan akademisi/perguruan tinggi yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Multi Media ‘MMTC’ Yogyakarta. Menurut Eddy, kolaborasi dengan MMTC, salah satunya dalam konteks menyukseskan program ‘Merdeka Belajar-Kampus Merdeka’.

“Kami (Biro Humas) juga turut membantu mempersiapkan SDM unggul di bidangnya masing-masing sehingga bisa mendukung Indonesia Maju,” pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI