Melani Arta, Modal Nol Rupiah Tumbuh Jadi 9 Resto

Editor: Ivan Aditya

MASYARAKAT cenderung melihat apa yang ada sekarang. Mereka tak memahami bahwa untuk menjadi seperti sekarang butuh proses panjang. Ada penderitaan, keringat bercucuran dan perjuangan yang keras,” kata Minati Arta (31) owner The Crabbys.

The Crabbys merupakan restoran seafood dengan menu andalan kepiting. Namanya sangat dikenal para penikmat masakan ikan laut. Perjalanan bisnisnya meleset cepat. Dalam waktu 5 tahun punya 9 resto tersebar di Yogya, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Surabaya, Bali dan Semarang. Eloknya 9 restoran tersebut kepemilikan dan pengelolaannya langsung ditangani pengusaha muda yang akrab disapa Mimin ini.

Lima tahun silam, setelah Mimin menikah dengan Janu Ardi Tresnawan, Mimin berniat membantu mertuanya yang jualan ikan laut segar. “Dulu, mertua saya juragan ikan laut segar. Dalam perjalanan waktu, saat itu bapak mertua sakit. Kondisi usaha surut. Akhirnya ibu mertua hanya menjual ikan laut dengan mengambil dagangan dar itempat orang. Saya terpanggil ingin membantu memasarkan. Saya manfaatkan instagram untuk menawarkan ikan laut ke konsumen. Terutama jenis kerang,” kenangnya.

Mimin menambahkan, hari pertama jualan, laku 2 kg kerang. Saat itu kerangnya kecil-kecil. Hari pertama laku 2 kg. Dia dapat keuntungan Rp 20 ribu. Keuntungan tersebut semua diaberikan ke ibu mertua. Hari kedua, jualan lagi.Omzet semakin bertambah, sampai kemudian Mimin dan mertua bikin kesepakan pembagian hasil. “Dulu kami jualan tanpa modal. Barang laku baru bayar ke pemilik ikan,” ungkapnya.

Mimin semakin gencar promosi di instagram. Setiap hari permintaan tambah. Kemudian ada yang pesan dimasak. Mimin melayani meski capek. Ketika itu belum ada ojek online, sehinga semua pesanan dia dibantu saudara-sudara ipar yang mengurus.

Pesanan tak hanya dari seputaran Yogya. Ada pelanggan dari Solo dan Surabaya. Untuk pesanan luar kota, dikirim dengan jasa travel.

BERITA REKOMENDASI