Melani Arta, Modal Nol Rupiah Tumbuh Jadi 9 Resto

Editor: Ivan Aditya

Mimin mengungkap, setiap membuka cabang barub utuh modal awal Rp 200 juta hinggaRp 400 juta. Modal yang digunakan untuk membuka cabang bersumber dari keuntungan.Tidak ada uang pinjaman pihak ketiga atau apalagi kredit bank.

“Saya dan suami, dulu sama-sama orang susah. Sudah terbiasa kerja keras dan hidup sederhana.Kami takut ambil kredit bank. Dengan mengembangkan uang sendiri, hati lebih nyaman.Tidak dikejar target angsuran,” akunya.

Mimin mengungkap, kunci suksesnya adalah bisa menjual kepiting dan masakan seafood dengan harga murah. Selama ini seafood dianggap makanan mewah.Namun berkat strategi bisnis yang pas, Mimin bisa menjual olahan seafood dengan harga terjangkau.

Rahasia kedua, selalu punya stok kepiting dalam keadaanhidup. Dulu sebelum pandemi, setiap hari ada kiriman kepiting segar dari supplier melalui kargo pesawat.

Kunci ketiga adalah pendekatan spiritual.Setiap peringatan hari kelahiran Mimin, di The Crabbys diselenggarakan majelis manaqib. Juga, istikamah mengamalkan wiridan. “Casing kami saja yang kelihatan milenial dan gaul. Padahal kami orang kolot yang menjalankan tradisi ala pesantren,” ungkapnya. (DaryantoWidagdo)

BERITA REKOMENDASI